Saturday, 29 October 2016

3 Pesona Air Terjun di Pedalaman Kota Semarang Yang Wajib Dikunjungi Traveler

Bosan dengan wisata taman bermain, Mall, atau Kebun Binatang semacamnya? Mungkin kamu perlu menyingkir dulu dari perkotaan dan bersatu dengan alam. Siapkan fisik tanpa perlu budget tebal, kamu bisa mengeluarkan jiwa petualang sekaligus menjernihkan pikiran dan merasakan kedamaian saat menikmati panorama yang masih alami.

Tak perlu repot pula untuk hunting wisata alam yang bagus hingga ke luar negeri, karena Indonesia punya begitu banyak spot yang bisa disambangi. Seperti di kota Semarang contohnya, ada berbagai spot wisata alamnya yang bisa dijadikan sarana bersenang-senang. Untuk menyambangi kota Semarang pun bisa melalui berbagai rute, loh. Kamu bisa menggunakan mobil pribadi, kereta api, ataupun pesawat.

Berbagai rute perjalanan dengan moda transport yang berbeda memiliki sisi plus dan minus masing-masing. Jika kamu lebih menikmati perjalanan darat dan tidak masalah dengan waktu tempuhnya, bisa menggunakan mobil pribadi. Berkendara sendiri juga akan lebih leluasa untuk menentukan kapan istirahat dan kembali melanjutkan perjalanan.

Rute darat lainnya, bisa juga menggunakan kereta api. Dengan jalur kereta api, kamu bisa sampai di kota Semarang dalam waktu 6,5 jam perjalanan. Menggunakan moda transportasi yang satu ini memang lebih cepat dibanding berkendara sendiri. Kamu pun tetap bisa menjelajahi kota Semarang dengan mobil sewaan begitu sampai di tempat.

Namun, jika ingin lebih cepat sampai demi menyimpan energi untuk nanti hunting wisata alam di Semarang, kamu dapat menggunakan pesawat. Maskapai yang melayani rute domestik ke Semarang juga banyak. Salah satu maskapai khusus penerbangan domestik seperti Kalstar Airlines juga melayani rute Jakarta-Semarang. Terbang bersama Kalstar Airlines, kamu akan tiba di Semarang dalam waktu 1,5 jam perjalanan. Kamu pun dapat memilih di bandara mana akan turun, seperti bandara Pangkalanbun atau Sampit.

kalstar
picssr.com
Setibanya di kota Semarang, kamu bisa bersiap-siap mendaftar spot wisata alam mana saja yang akan kamu kunjungi. Dan berikut ini adalah daftar wisata Air Terjun di Semarang yang ramai diperbincangan di dunia traveling karena tempatnya yang indah. Simak ulasan berikut ini untuk tahu apa saja dan dimana tempatnya.


1.  Air Terjun Kali Pancur

airterjun
cakrawalatour.com
Meluncur ke wisata yang pertama di Desa Nogosaren, terdapat Air Terjun Kali Pancur. Dengan ketinggian yang mencapai sekitar 100 meter dan didominasi bebatuan alam, Air Terjun Kali Pancur ini cukup ramai dikunjungi. Tidak hanya itu, di sini kamu juga akan mendapati beberapa goa kecil yang digunakan sebagai tempat burung-burung Walet berteduh.

Namun, seperti yang sudah diingatkan sebelumnya, yaitu untuk hunting wisata alam, kamu harus punya energi yang cukup dan fisik yang sehat. Salah satunya karena terkadang kamu diharuskan menempuh perjalanan yang lumayan jauh terlebih dahulu untuk bisa sampai ke titik obyek wisata berada.

Untuk sampai ke spot Air Terjun Kali Pancur pun demikian. Kamu harus menaiki sekita 900 anak tangga sampai akhirnya bisa menjejakan kaki dan menikmati indahnya Air Terjun Kali Pancur. Biaya masuk menuju Air Terjun Kali Pancur ini yaitu Rp 2.000/orang.

2. Curug Lawe, Air Terjun di Lereng Gungung Unggaran

airterjun
cakrawalatour.com
Bergeser dari Air Terjun Kali Pancur, mari ke Gunung Pati di kota Unggaran untuk melihat keindahan Curug Lawe. Sebelumnya, berjarak sekitar 5 km dari Semarang,  kota Unggaran adalah kota yang biasanya hanya dilewati ketika kamu meninggalkan kota Semarang. Namun, ternyata di kota ini banyak spot menarik yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Kawasannya yang didominasi perbukitan dan gunung inilah yang membuat kota Unggaran memiliki beragam spot wisata alam yang cantik. Salah satunya seperti Curug Lawe.

Curug Lawe berlokasi di lereng pegunungan, di dalam hutan. Lagi-lagi, untuk sampai ke titik lokasi, kamu perlu cukup perjuangan. Namun, kali ini kamu tidak akan disuguhkan ratusan anak tangga, melainkan trek perjalanan naik dan turun. Bagi para pecinta alam mungkin trek-trek demikian sudah biasa ditaklukan, namun bagi kamu yang jarang melakukan perjalanan ke pegunungan, pasti cukup menantang. Selama perjalanan, kamu akan menyusuri sungai irigasi buatan dan jalan setapak berpasir yang basah.

Namun, kelelahan menyusuri trek-trek yang tidak mudah itu, akan terbayarkan dengan keindahan Curug Lawe. Derasnya aliran air terjun dari tebing bebatuan membuat suasana alamnya terasa semakin hidup dan menyegarkan. Namun, kamu tetap harus berhati-hati ketika bermain air di Curug Lawe ini, karena terkadang kayu pepohonan yang mati ikut terbawa arus air terjun. Jadi, meski tujuannya menikmati lansekap alam yang eksotis sambil bermain dan bersenang-senang, kamu tetap harus aware dengan keadaan sekitar agar tak mengundang celaka, ya.

3.      Air Terjun Tujuh Bidadari

airterjun
hudream.blogspot.com
Spot selanjutnya adalah Air Terjun Bidadari yang terletak di Desa Keseneng. Untuk menuju ke sini, bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalannya pun sudah beraspal, namun berliku dan sempit sehingga harus berhati-hati. Setelah menepuh peralanan sekitar 20 menit dari kota Semarang, kamu pun tiba di Dusun Keseneng. Nah, sekitar 5 menit waktu tempuh dari Dusun Keseneng, kamu pun sudah sampai di kawasan Air Terjun. Menuju ke titik lokasi Air Terjun Bidadari, cukup dengan berjalan kaki menyusuri rute sekitar 300 meter.

Air Terjun Tujuh Bidadari terdiri dari 3 tingkat, dimana setiap tingkat akan membentuk beberapa air terjun, sehingga secara keseluruhan ada 7 air terjun yang mengalir dengan derasnya. Air Terjun Tujuh Bidadari ini hanya memiliki ketinggian mencapai 10 meter—dengan masing-masing tingkat 3 meter, tidak setinggi air-air terjun sebelumnya. Namun pesonanya sangat alami dan menakjubkan. Dari kejauhan, kamu juga akan disuguhkan pemandangan terasering  sawah yang semakin memperindah panorama alam di Air Terjun Tujuh Bidadari ini.  

Nah, itulah 3 dari sekian banyak wisata alam lainnya di kota Semarang yang mungkin baru kamu ketahui. Jadi ketika kamu bertandang ke Semarang, bisa sekaligus menyambangi spot-spot wisata tersebut ya, karena sayang sekali jika dilewatkan mengingat keindahan yang dimiliki ketiga Air Terjun tersebut. So, Happy traveling dan semangat berburu spot-spot indah lainnya di kota Semarang, ya travelers

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com