Sunday 30 October 2016

5 Hal dari Jakarta yang Tersembunyi

Jakarta – kota yang penuh dengan hiruk pikuk keramaian mulai dari bisnis, perdagangan, gedung bertingkat dan kemacetan. Ya, Jakarta memang seringkali dikenal dengan MACET. Entah kenapa Jakarta dikenal dengan macetnya. Padahal masih banyak hal lainnya yang bisa dikenal sebagai identitas dari kota Jakarta.

Jakarta yang penuh dengan warga urban dari daerah Bogor, Bekasi, Tangerang dan sekitarnya, membuat ibukota tercinta ini menjadi sorotan dari berbagai daerah maupun dunia. Bagi warga daerah yang mungkin belum ke Jakarta sempat berpikiran

“Wah, mau ke Jakarta deh. Mau liat gedung-gedung yang menjulang tinggi.”

Lalu bagaimana kira-kira pikiran warga negara asing?

“Jakarta, so many people. I can sleep at the train, bus, or another transportation. Because traffic jam in Jakarta very crowded.”

Bahkan Greyson Chance yang pernah berkesempatan hadir ke Indonesia untuk membawakan lagu-lagu terajaibnya pernah berkata

“Selama di Jakarta saya bisa tidur, karena macetnya Jakarta berbeda dengan di sana.”

See? Segitunya kota Jakarta? Hhh. Helaan nafas saya selalu panjang ketika mengingat macetnya Jakarta apalagi sedang terburu-buru, terlebih lagi polusi dari berbagai macam kendaraan. Sebagai warga dari Planet Namec kadang saya bersyukur kadang juga saya... ya gitulah.

Jadi, Minggu lalu, saya bersama Indonesia Corners berkeliling kota Jakarta selama setengah hari. Kalau saya sama kamu selama 2 bulan lebih dikit. Mengenal kota Jakarta lebih dekat dengan segala sisi yang belum pernah terlihat oleh khalayak sekitar. Tidak ditutupi. Tidak. Hanya saja kurang tersebar luas pemberitaannya, jadi hanya beberapa warga saja yang tahu atau mungkin sanak keluarga dari yang tergabung. Apa saja? Inilah 5 hal yang harus kamu ketahui dari kota Jakarta.

IDCorners
Dari grup whatsapp Jakarta Night Journey

1. Jakarta Smart City

smartcityjakarta

Jika kamu merasa bingung Jakarta Smart City ini gunanya untuk apa, sama seperti saya. Usut punya usut Jakarta Smart City ini mempunyai 6 indikator yang diantaranya; Smart Governance, Smart Economy, Smart People, Smart Mobility, Smart Environment, dan Smart Living. Dengan Jakarta Smart City, menjadikan Jakarta mudah di telusuri dengan berbagai aplikasi yang ada di dalam smartcity.jakarta.go.id, penasaran apa aja yang bisa kamu lakukan di web itu?

  • Kamu bisa mengakses peta kota Jakarta, jadi ya nggak kesasar banget lah. Minimal kalau calon mertua kamu tanya di mana letak patung bu tani bersama anaknya yang membawa cangkul, bisa kamu jawab.
  •  Kamu bisa melaporkan apapun pada aplikasi qlue. Tapi please jangan laporan kalau kamu galau atau kamu diselingkuhi kamu cukup laporan aja di twitter kamu aja, di qlue jangan!
  • Kamu cukup check list salah satunya saja, kemudian akan muncul yang kamu butuhkan. Misalnya sampah. Ada 3 tanda yang berwarna merah, hijau, dan kuning yang terdapat dalam peta. Ketiga warna ini punya arti masing-masing. Merah pekerjaan belum di laporkan, kuning sedang di kerjakan, sedangkan hijau sudah bersih.
smartcityjakarta

smartcityjakarta
  • Kamu bisa tahu harga tanah di Jakarta mulai dari yang murah sampai yang harganya bikin kamu pingin bilang “mending uangnya buat aku nikahin kamu.
  • Kamu bisa tahu ada atau tidaknya kamar kosong di sebuah rumah sakit. Jadi, jangan sampai tertipu lagi. Halah.
  • Kamu bisa mengetahui harga bahan pangan pokok dari berbagai pasar.
  • Kamu belum bisa menemukan jodoh di aplikasi qlue ini.
  • Jakarta Smart City mempunyai aplikasi pendukung seperti; Qlue, Zomato, Go-Food, Ragunan Zoo, Trafi, Info Pangan Jakarta, Waze, dan iJakarta.

2. Balai Kota Jakarta

balaikotajakarta

Ternyata Balai Kota Jakarta boleh dikunjungi. Ya, saya baru tahu. Terima kasih IdCorners. Di dalam gedung balai kota, kamu bisa melihat seisi ruangan, mulai dari ruang meeting, ruang pertemuan, ruang tamu, kamar mandi, kamar lift, dan lain sebagainya. Bener-bener transparan. Ada beberapa papan informasi juga yang mungkin kamu butuhkan untuk studi kasus skripsi kamu, misalnya.

balaikotajakarta

balaikotajakarta

3. City Tour Bus

citytourbus

Beberapa dari kamu ada yang sudah tahu, ada juga yang belum. Pemerintah Jakarta mengadakan Bus untuk City Tour keliling kota Jakarta dengan biaya yang gratis. Bus tingkat ini berhasil membuat saya takjub, perdana naik bus city tour dan busnya bertingkat, ada pemandu wisata yang menceritakan tentang sejarah kota Jakarta, lagu, dan tidak ada wifi, tolong fokus melihat kota Jakarta dari sudut yang berbeda jangan tanya wifi. Pernah naik bus city tour? Apa kamu amaze juga?

citytourjakarta

citytourbus
Dari Bandung Diary

citytourbusjakarta
Dari Mbak Evi
4. Kawasan Kota Tua

kotatuajakarta

Duh! Kalau bahas Kawasan Kota Tua ini nggak akan ada habisnya. Sejarah dari berbagai versi sudah banyak tersebar luas di google. Ya seperti yang kamu ketahui sebelumnya kalau Kota Tua ini dijuluki sebagai Permata Asia atau Ratu dari Timur oleh pelayar dari Eropa, nggak tahu ini abad keberapa. Konon kawasan Kota Tua ini dianggap sebagai pusat perdagangan untuk Benua Asia karena letaknya yang strategis. Kawasan Kota Tua ini katanya memiliki luas 1,3km terbentang di sekitar Pinangsia, Roa Malaka, dan Taman Sari. Fyi, Glodok itu sudah masuk daerah luar kota. Oh ya, untuk masuk ke Kawasan Kota Tua pada abad entah keberapa harus menggunakan pasport. Aduh, untungnya saya lahir pada abad ini dan tinggal di Planet Namec.

kotatuajakarta

kotatuajakarta

Di kawasan Kota Tua ini kamu bisa berkunjung ke Museum Wayang (hati-hati di pintu keluar ada ondel-ondel), Museum Fatahillah, Museum Keramik, Kantor Pos, Toko Merah dan apa lagi ya? Mungkin kamu mau menambahkan?

kotatuajakarta


5. Monumen Nasional (Monas)

monumen nasional

Huft. Tibalah pada puncaknya ini tulisan. Sebenernya saya enggan banget ke Monas, karena terlalu banyak ondel-ondel dan ini membuat saya berlari-lari sesak nafas. Tapi karena Indonesia Corners mengajak ke Monas saat malam hari, ketakutan saya berhasil disingkirkan. Karena apa?! Selain kamu bisa melihat sejarah-sejarah yang terpampang dalam diorama Museum Nasional ini, kamu bisa naik hinggak ke puncak tertinggi monas dan melihat SEMUA SUDUT KOTA JAKARTA PADA MALAM HARI! KAMU YANG PENCINTA CITYLIGHT WAJIB BANGET DATENG KE PUNCAK MONAS MALEM-MALEM JANGAN LUPA AJAK SAYA, YA!

monas

monas

monas

monas

DAN, SEGITULAH KIRa-kira... (maaf kelepasan pake kapital karena nggak sanggup lagi liat citylight hasil jepretan sendiri). Ya, jadi 5 hal yang saya jabarkan diatas belum kamu ketahui atau mungkin sudah ada yang diketahui ya nggak apa-apa. Semoga bermanfaat.

monas
Dari Mbak Evi
Perjalanan saya bersama Indonesian Corners minggu lalu mempertemukan saya dengan beberapa geng wwf. Halah. Tiwi, Dian dan Yoga, ditambah oleh Salam. Sepulang melakukan perjalanan setengah hari keliling kota Jakarta kami sepakat untuk pergi ke Stasiun Gambir karena KAMI INGIN ES KRIM MEKDI. Namun ternyata, karena perjalanan yang terlalu jauh dari pintu keluar Monas ke Irti, kami berlima memutuskan untuk memanjat pagar di dekat Stasiun Gambir (tepatnya dekat Seven Eleven). EHE EHE EHE! Tragis. Mengerikan. Menyedihkan. Hiks. Setelah itu... selamat ngemut es krim!

balaikotajakarta
Dari Bandung Diary
Terakhir, terima kasih Indonesia Corners jalan-jalan setengah hari-nya :) ehe ehe ehe. Jadi punya bahan tulisan tentang kota Jakarta deh :9 jangan lupa kalau jalan-jalan pakai handphone Asus Zenfone 3 dan Zenfone Ultra power bank biar foto-foto kamu makin daebak! Tentunya semakin hitz di ranah media sosial. Aha aha aha. Kayak foto saya di atas, sibuk update biar khalayak pada tau. Halah.

citytourbusjakarta
Dari Mbak Evi
"Tulisan ini diikutsertakan dalam Jakarta Night Journey Blog Competition oleh Indonesia Corners yang di Sponsori oleh Asus Indonesia."


Planet Namec,
30 Oktober 2016
Kesayangan Kamu

39 comments:

  1. Kok ga ada foto ondel2nya ben? Ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ondel2 aja bena takut, ini di suruh pasang foto onde2? ya allah tega

      Delete
  2. Ka Jakarta saja saya belum pernah. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Lumayan menambah wawasan saya tentang Kota JAKARTA. Walau saya cuma merantau disana hehee..saya suka bagian monas nya dan foto city light nya Bagus sekali.cuma sayang foto ondel2 nya tidak terus ekspose ..hmm kasihan dia duduk di pojokan

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIKS. Ini kenapa pada nyuruh foto ondel2 sik. yawla....
      gapapa dia duduk sendiri, daripada bena yang duduk sendirian. hiks

      Delete
  4. Wah, saya juga pernah nih city tour mirip kayak gini destinasinya. Tapi cerita bena disini lengkap! Jadi makin cinta ma Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kita city trip mbak :)
      nanti aku ke solo ajak city tour ya :)

      Delete
  5. Jakarta boleh jadi kota macet, tapi buat akususah buat ninggalin ibukota Indonesia ini.
    Terserah deh sama macet, tapi tetep senang kok jalan-jalan di Jakarta yang bukan mall.
    Btw, mana ondel-ondelnya? Jakarta blom lengkap tanpa ondel-ondel, Ben��

    ReplyDelete
  6. Duh, aku penasaran masuk Balaikota Jakarta 😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehehehe.
      aku juga penasaran waktu itu, untungnya rasa penasaran sudah hilang. hahhaha

      Delete
  7. Makasih sudah memberikan info dari sisi lain kota Jakarta, Benaaa.

    Semua yg kamu sebutin tadi belum pernah aku kunjungi/naiki/jalani. Kecuali Monas. Tapi Monas pun belum pernah masuk.

    Aku punya, loh, ASUS Powerbank ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi pas kamu ke Jakarta, harus semuanya di kunjungi ya! HARUS!!!!!

      Aku juga punya sih :3 wekekekeke

      Delete
  8. Ini gue warga jakarta tpi poin satu sama dua ga tau. Yg poin tiga baru denger, tpi blom nyoba. Taunya cman poin empat sama lima. Kayaknya gue bukan warga jakarta yg asik.
    Itu ruangan balai kota boleh duduk d ruangan rapat gtu?
    Pan kapan, ajak ondel" masuk ruangan balai kota ah... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya bena bilang tersembunyi. hahaha.
      ruang rapatnya boleh di duduki sekedar foto, cuma ruang rapat yang di smart jakarta nggak boleh di duduki,
      ondel-ondelnya nggak boleh masuk. hih

      Delete
  9. Seumur hidup ke ibukota baru 3x dan gak pernah sempet ke kota tua. Kunjungan terakhir bikin keki, 30 menit dijemput dari bandara dan pengen langsung balik pulang haha. Macyeeett boookkk. Eh tapi beneran lain kali klo ke sana lagi pasti mampir ke kota tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat amat disarankan kalo ke kota tua mending pas weekday.
      dan kalo kemana2 mending naik komuter line.

      Delete
  10. AWESOME! LUAR BIASA MMNG JAKARTA INI. SAYA PALING SUKA DNGAN FOTO2 DIATAS LANGIT MALAM DI MONAS! KEREN!

    Oiya, Indonesia corners itu komunitas apa sih ben? klo gw gk salah liat dsitu ada yoga sma dian juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sya cinta banget sama citylight gitu rei, makanya teriak2 kalo liat citylight. hahahha..
      Indonesia corner itu komunitas bloger gitu rei.
      yoga dan dian serta tiwi juga ada :)

      Delete
  11. Yg Manjat pager gak ada yg dokumentasikan.. sayang sekali..

    Dari Dian (komentar ke-3 atas orang yg bernama Dian juga)

    Planet namec
    31 okt 16

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAKAKAKKAKAKKA. BENA NGAKAK. YA ALLAH YA ALLAHHHHHH....

      SAYANG BANGET YA GA ADA YG MANJAT PAGER ITU. HIKS

      Delete
  12. Lucu videonya, lagunya ngangetin gue sama mendiang Andi Meriem Mattalatta ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas aku ngedit videonya nyanyi2 juga gitu mbak.
      ahahaha.

      oh yang nyanyi udah tiada ya, aku baru tau. hiks

      Delete
  13. Wakakaka. Manjat pager sampe diceritain. :))

    Woh, Bena lengkap, ya. Segala dibuat 5 poin. Ntap!

    ReplyDelete
  14. wow tulisan ada, video juga. mantap! sama indonesia corners jadi tahu muka jakarta yang bukan mall. kalo macet mah ngalamin dikit hihihi. btw saya teh nyari2 yang mana orangnya ben benavita :D hahaha oh yang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bena mah cuma 1 mbak. cari aja yang paling manis dari planet namec. ahahaha.

      ya, jadi bukan cuma mall dan gedung gedung bertingkat aja gitu.

      Delete
  15. Dan 5 hal dari Jakarta itu sudah kita jelajahi bersama, ihiy :D

    ReplyDelete
  16. Wuihhh keren nih, pengen jg kliling kota jakarta. Btw, sudah sekian episode ke monas blom pernah naik ke puncak monas

    ReplyDelete
  17. Kalo ke kota tua bawa anak cape ga ya..pengen kesana belum kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak, maaf ya baru membalas. kalau membawa anak paling capek jagainnya, soalnya di sana luas. jadi anak kecil suka lelarian gitu. sama capek di dompet banyak jajanan gitu soalnya. hahahahaha.

      Delete
  18. yang ke-6, Jakarta kedatangan makhluk manis dr Planet Namec hehehe. Thanks for sharing, Bena,

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaa, mbak donna, aku jadi tersipu malu :3

      Delete
  19. Untung ngga ditangkap satpol ya manjat2 hihi

    ReplyDelete
  20. Kapan kita jalan-jalan lagi Bena? hehehe

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com