Saturday, 26 November 2016

Mengenal Bali Lebih Dalam di 3 Tempat ini di Ubud

Bali memang terkenal dengan wisata pantainya, tapi tidak hanya kegiatan pantai yang dapat menjadi agenda liburan Anda di Bali. Selain daerah-daerah yang terkenal dengan wisata pantainya di Bali seperti Kuta dan Seminyak, terdapat daerah lain yang worth visiting bagi wisatawan, yaitu Ubud. Di sana Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat memperkaya pengalaman dan wawasan Anda mengenai Bali seperti berikut:

1.      Menonton Tari Kecak
Berwisata ke daerah Ubud, Bali, tanpa melihat langsung pertunjukan tari tradisional Bali tentu rasanya tidak lengkap. Apalagi daerah tersebut dikenal sebagai pusat seni Bali, di mana wisatawan dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat pertunjukan tari kecak. Salah satu tempat yang melangsungkan pertunjukan tari kecak di Ubud adalah Pura Taman Saraswati.
bali
Sumber: wisatamenarik.ml
Pertunjukan tari kecak yang dilangsungkan di Pura Taman Saraswati dimulai pada malam hari, tepatnya pada pukul 7 malam. Selama pertunjukan berlangsung, penonton dijamin puas dengan kekompakan dan kelincahan para penari. Yang membuat pertunjukan tari kecak di sini terasa semakin istimewa adalah penggunaan api dalam tarian, sehingga memberi sensasi yang berbeda bagi penonton. This is definitely worth watching!

2.      Belajar Memasak Kuliner Khas Bali
Saat jalan-jalan ke Bali, selain memanjakan mata dengan pertunjukan tari kecak, ada kegiatan berkesan lain yang bisa Anda coba, yaitu belajar memasak hidangan khas Bali. Salah satu tempat yang recommended untuk mengikuti kelas memasak ini di Ubud adalah Green Kitchen.

Uniknya, peserta kelas memasak di sini tidak hanya langsung praktik memasak, tapi diajak berbelanja bahan-bahan masakan terlebih dahulu di pasar. Tidak hanya itu, untuk melengkapi bahan-bahan masakan, peserta juga diajak menyusuri area persawahan menuju kebun untuk memetik sendiri sayuran langsung dari kebunnya. Tentunya, ini suatu pengalaman berkesan yang jarang bisa Anda lakukan jika Anda tinggal di perkotaan.

bali
Sumber: greenkitchenbali.com
Setelah semua bahan terkumpul lengkap, barulah acara memasak dimulai. Serunya, seluruh kegiatan memasak dari mengupas hingga mengolah seluruh campuran bahan masakan menjadi hidangan lezat yang kaya rasa ini dilakukan di dapur terbuka. Jarang-jarang, bukan, memasak di dapur terbuka? Kegiatan ini tentunya akan menjadi oleh-oleh pengalaman berkesan yang dapat menambah keterampilan Anda setelah liburan di Pulau Seribu Pura ini.

3.      Membersihkan Diri Dengan Air Suci di Pura
Bicara soal liburan di Pulau Seribu Pura, tentu terasa kurang bila Anda hanya menyempatkan berkunjung ke salah satu puranya. Selain Pura Taman Saraswati, terdapat sejumlah pura lain di Ubud yang cukup digandrungi wisatawan. Salah satu pura yang memiliki ciri khas tersendiri adalah Pura Tirta Empul, yang dikenal sebagai tempat penyucian diri oleh wisatawan. Citra tersebut terbentuk karena pura ini memiliki kolam yang dilengkapi dengan sekitar 30 pancuran air, di mana wisatawan diizinkan menyucikan diri. 

Untuk menyucikan diri dengan menggunakan air pancurannya yang dingin dan segar, pengunjung diwajibkan mengenakan kamen, yaitu kain yang dipakai umat Hindu saat memasuki pura untuk sembahyang.


bali
Sumber: wikipedia.org
Bertempat di Desa Manukaya, pura yang dibangun sekitar abad ke-10 hingga ke-14 ini sangat layak untuk dikunjungi jika Anda ingin 'menyeburkan diri' ke dalam budaya Bali.
Untuk akomodasi, terdapat banyak pilihan hotel dan resort di Ubud. Bila Anda ingin menginap di resort berkonsep back to nature, maka Bambu Indah adalah pilihan tepat bagi Anda. Tempat menginap di sini berupa bangunan tradisional yang berdiri di tengah taman tropis. Terdapat 13 bangunan tempat tamu menginap, yang semuanya terbuat dari kayu.


bali
Sumber: mindfulwanderlust.com
Mengusung konsep ramah lingkungan, resort yang berdiri di dekat perkampungan warga setempat di Desa Sayan ini sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan yang sifatnya merusak lingkungan. Kolam renangnya pun berupa kolam alami yang tidak menggunakan kaporit.

Dari segi pemandangan, kehijauan pemandangan di sini cocok sekali bagi wisatawan yang jenuh dengan hiruk-pikuk kota, sebab area resort ini dikelilingi oleh hijaunya persawahan dan pepohonan. Udaranya pun bersih dan segar tanpa polusi. Benar-benar back to nature. Suasana tentram yang ditawarkan di sini pasti membuat suasana hati Anda menjadi tenang dan damai. Sungguh recommended untuk menyelami suasana Bali yang asri.

Itulah sekilas gambaran berlibur di Bali yang berbeda dari biasanya. Selamat berlibur.

9 comments:

  1. baru nyadar, kalo gue cuman ngeliat sekedar penampilan tari kecak di pensi'' gitu. belum pernah liat langsung di balinya. kayaknya harus nnton sih. poin kedua lanjut, karena emang ga bisa masak. poin ketiga mau nyoba juga.

    kayaknya mulai sekarang, harus nyiapin tabungan buat jalan'' ke kota ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa. selamat menyiapkan tabunganmu, Kak :)
      nabung yg banyak, biar puas jalan2 di kota Bali :)

      Delete
  2. Gue udah pernah ke Bali. *Kembali pamer, udah baca tentang bali ke 3 kalinya sih malam ini. Ehehe...

    Dulu gak sempet nonton tari Kecak. Padahal mah pengen banget, klo liat di TV itu keren banget. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yang update tulisan ttg ini kemarin qy?
      hahhaha.

      Delete
  3. Saya dulu pernah ke Pura Taman Saraswati tapi sayang saya engak nyemplung ke situ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kesana dan nggak nyemplung mas, takut tenggelem di lautan
      luka
      dalam
      aku
      terjatuh
      dan tak bisa sedih lagi
      makanya aku tertawa terus :)))))

      Delete
  4. Itu yang kedua seruuuu. Belanja tapi rame-rame kan ya? Gue udah ngebayangin bakal rusuh doang sih pas bagian belanjanya. Muahaha. :))

    ReplyDelete
  5. Beberapa blog sebelumnya juga lagi pada ngebahas Bali.
    Bali lagi jadi trending topic yak?
    Hmm....ntar ikutan ah..ngomongin bali..

    ReplyDelete
  6. Foto mu yang terakhir itu bambu indah resort, aku pernah nginep disana lho hehehe #pamer

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com