Friday, 9 December 2016

Pentingnya Tanda Tangan Digital

Bagaimana jika saya menyebut diri saya sebagai travel blogger? Ah, rasanya masih kurang sreg. Ya, aktivitas saya sebagai bloger yang senang jalan-jalan dan makan ini mungkin mengharuskan saya pergi dari kota satu ke kota lain. Seringnya tawaran kerjasama, invoice cair,  dan hal yang berkaitan datang saat saya sedang melakukan hal kesukaan saya adalah hal yang paling ditunggu. Tapi, itu semua akan terasa sulit jika membutuhkan tanda tangan.

sivion.id
pixabay
Belum lama ini, saya diharuskan menandatangi sebuah berkas yang mana harus dicetak terlebih dahulu kemudian dibubuhkan tanda tangan ter-daebak saya. Tentunya ini merepotkan. Tapi, apalah daya jika klien yang meminta?

Lain lagi, jika ada klien yang meminta tanda tangan digital, jadi saya tidak perlu repot-repot untuk mencetak berkas lalu menandatanginya. Cukup tanda tangan di kertas kosong lalu di scan kemudian tempel di berkas. Mudahnya luar biasa. Beruntung sekali mempunyai klien seperti ini.

Balik lagi pada tanda tangan digital itu. Apakah legal? Apakah klien percaya dengan tanda tangan digital seperti ini? Baru-baru ini kemenkominfo baru saja mengadakan inovasi baru mengenai tanda tangan digital melalui sivion.id. Cara mudahnya seperti ini, kamu mendaftarakan tanda tangan digital melalui web sivion.id, kemudian tanda tangan tersebut nantinya akan diverifikasi dengan identitas kamu (tanda pengenal kamu), setelah diverifikasi kamu akan menerima email dan kamu bisa menggunakan tanda tangan digital tersebut.

Tentunya ini sangat memudahkan bagi saya yang tidak selalu standby di depan laptop/pc dan printer. Jangan khawatir, tanda tangan digital yang kamu miliki itu di jamin oleh pemerintah melalui Kemenkominfo. Jadi, saya dapat menggunakan tanda tangan digital saya sesuai dengan kebutuhan.

Karena tanda tangan ini sudah dijamin oleh pemerintah, tentunya tanda tangan digital ini aman ketimbang tanda tangan manual yang selama ini digunakan. Kamu yang suka palsuin tanda tangan kali ini nggak akan bisa untuk memalsukan tanda tangan, karena tanda tangan digital ini sudah masuk dalam sistem verifikasi sivion.id.

Jadi, berkas mana lagi yang harus saya tanda tangani? Atau invoice mana lagi yang harus saya tanda tangani?

Planet Namec,
11 Desember 2016
Kesayangan Kamu.

17 comments:

  1. Inovasi yang luar biasa nih dari pemerintah. Tapi bahaya tuh buat yang suka malsuin tanda tangan. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu sering malsuinn tanda tangan ya ki? jangan ki.
      tapi emang bener sih. inovai pemerintah di zaman teknologi yang kayak gini semakin waw.... bagus inovasinya. ku mendukung...

      Delete
  2. Aku tertarik untuk bikin tanda tangan digital ini setelah baca dari tulisanmu ini. Cuma mo nanya syarat buat bikin tanda tangan digital itu apa aja, Ben? Trus bikinnya gratis apa bayar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. syartanya cuma menyertakan ktp aja, da. nanti pas masuk ke webnya akan disuruh isi data diri sesuai dengan nomor ktp. terus pas mau verifikasi juga butuh ktp. udah deh jadi tanda tangan digitalnya :)

      bikinnya gratis, da. buruan bikin sebelum bayar. lah? :))

      Delete
  3. nice info.
    jadi semua orang boleh sayang berlebih yaahhh,,, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha. infonya bagus, tapi tulisan di atas kolom komentarnya juga di komentarin :))
      boleh dong, apalagi ngasih job. boleh banget malahan :))

      Delete
  4. Wih.. bagus juga nih pergerakan Kemenkominfo. Emang penting sih tanda tangan digital gini, apalagi kalo buat pekerja dunia maya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi nggak selalu di dunia maya :( hikslah...

      Delete
  5. invoice itu maksudnya suara yg masuk ben? atau apasih?
    Sya baru dnger tntang tanda tangan digital ini. Spertinya cukup aman, karna dikelola langsung sama pemerintah.

    Satu lagi inovasi yang keren di tahun 2016!

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAKAKAKAKAKAKAKA. REI KAMPRET. BUKAN!!!!! INVOICE ITU BUKTI BAYAR BUKTI TRANSFER GOOGLE DAH.

      iya tanda tangan digital ini emang baru, makanya masih asing, MAKANYA SAYA NULIS INI DI BLOG SAYA.

      pemerintah sudah punya inovasi, LALU INOVASI BARU KAMU APA REI DI TAHUN 2016 INI?

      Delete
  6. hawahahaa gaya banget.
    Ini kayak bos saya kalau lagi masuk keruangannya.

    Ada berkas yang harus saya tanda tangani?
    *saya manggut manggut*

    Boleh juga tanda tangan digital, saya pernah nyusulin bos ke bandara karna dia lupa tanda tangan berkas.
    Kalau ada ini berarti bisa kali ya langsung di pake ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan calon bos, Mbak. jadi harus gaya dong. wwakakkakakaa.

      bisa langsung dipakai kalau sudah di verifikasi Mbak...

      Delete
  7. otak saya nggak nyampe mbak... :P
    masih belum mudeng. masi kepikiran kalo ttd digital itu mungkin bisa disalah-gunakan. primitip saya... hahahah

    ReplyDelete
  8. Sempet baca juga soal tanda tangan digital ini di blognya Rido. Akhirnya ada inovasi yang brilian ini. Semoga cepet menyebar sosialisasinya dan bisa diterapkan di skripsi juga, jadi gak perlu nangis kalo butuh ttd dospem pas beliau di luar kota. :'))

    ReplyDelete
  9. Mantap jiwa dah ini tanda tanganin invoice secara digital. Wohoho! :))
    Ah, tapi percuma kalau udah bisa tanda tangan digital, eh invoice-nya suka telat cair. :(

    ReplyDelete
  10. Digital itu kenyataan, lo ketinggalan zaman yo lo ketinggalan zaman.

    Oke. Harus kepoin soal tanda tangan digital ini biar nggak ketinggalan zaman yo. :))

    ReplyDelete
  11. Bagi kita2 di hidup di dunia blogger pastinya penting banget ya membuat segala sesuatunya jadi digital. Asal jangan hidup kita aja ya yg kita bikin digital juga hahahahahaha

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com