Saturday, 6 January 2018

Tips Memilih dan Merawat Batik Jogja


Batik jogja merupakan salah satu produk budaya Indonesia yang memiliki nilai tinggi. Motif mengilustrasikan beragam daerah di Jogja. Fashion item ini pun bisa memperkaya opsi penampilanmu dalam berbusana. Bila telah memilikinya, jangan lupa untuk merawat kain tersebut supaya umurnya lebih panjang.

Ilustrasi ciri khas batik jogja
Batik jogja memiliki ciri khas dalam tampilannya berupa warna dasar putih mencolok. Selain itu, kain batik dari kota jogja memiliki pola geometri khas besar-besar, diperkaya parang dan nitik. Detailnya, simak motif kerajinan asal kota jogja berikut ini:
· Ceplok, Grompol. Motif ceplok mencakup bermacam desain geometris. Bentuknya adalah bunga mawar melingkar, bintang, atau bentuk kecil lain. Grompol memiliki arti berkumpul, melambangkan harapan orang tua akan hal baik untuk berkumpul.
· Kawung. Berupa empat lingkaran atau elips mengelilingi lingkaran kecil sebagai pusat. Susunannya memanjang menurut garis diagonal mirik ke kiri atau kanan. Motif ini melambangkan empat arah mata angin.
· Parang. Berupa garis-garis tegas yang disusun diagonal paralel.
· Lereng. Motif berupa pola baris diagonal di antara motif parang. Melambangkan kesuburan, harapan untuk kemakmuran, dan tekad.
· Nitik. Dibentuk oleh garis geometris indah berwarna merah dan biru indigo. Selain itu terdapat pola bujur sangkar serta persegi panjang. Sering digunakan pada upacara adat perkawinan.
· Truntum. Memiliki makna cinta nan tumbuh kembali.
· Semen. Merupakan sebuah penggambaran kehidupan nan bersemi.
· Gurda atau garuda. Bentuknya sederhana, berupa dua buah sayap yang ditengahnya terdapat ekor hingga badan.
·  Isen. Berupa titik-titik, garis-garis, gabungan titik serta garis.

Cara memilih kain batik jogja berkualitas bagus dan awet
Kualitas kain yang dibeli akan memengaruhi kenyamanan saat pemakaian. Makin baik kualitas kain, harganya pun akan makin mahal. Berikut ini tips untuk memilih batik yang bagus dan awet:
· Jenis. Jenis penting untuk diperhatikan sebelum membeli. Ada banyak jenis batik jogja yg beredar di pasaran, diantaranya tulis, cetak, cap, tulis kombinasi cap, painting dan printing. Batik tulis memiliki kualitas paling tinggi, karenanya harganya pun paling mahal.
· Ciri khas batik tulis adalah memiliki bentuk corak berbeda satu sama lain. Hal ini disebebkan karena kesalahan pada proses pencantingan manual. Karena itu, kain ini memiliki nilai seni yang lebih tinggi.
· Jenis bahan baku. Terdiri dari kain sutera, serat nanas, paris, dan katun. Saat akan membeli, cobalah menempelkan bahan pada kulitmu. Kalau terasa dingin, maka bahan tersebut berkualitas baik.
· Kualitas pewarnaan. Cobalah meraba warna cat pada kain. Bila kain berkualitas tinggi, maka cat tidak akan meninggalkan bekas di tangan. Bila cat tertinggal di tangan, hal ini akan berakibat pada cepat pudarnya warna kain.
·  Kualitas cetakan. Jika mau membeli batik tulis, coba balik kain tersebut. Kain dengan kualitas bagus akan memiliki cetakan luar dan dalam yang sama. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk itu telah melalui proses pembuatan nan detail.

Tempat belanja batik jogja Asli
Ingin membeli batik jogja langsung dari pengrajinnya? Tidak perlu repot-repot lagi pergi ke Jogja. Saat ini sudah ada inovasi yang memungkinkanmu membelinya langsung dari pengrajin!

Qlapa merupakan situs jual beli online yg menjembatani konsumen dan pengrajin. Barang nan dijual beragam, mulai dari pakaian, perabot, aksesoris, hingga furnitur. Varian barang sangat banyak, jadi kamu punya banyak pilihan. Kamu juga bisa pesan produk sesuai permintaan kamu lho! Situs ini menawarkan jasa kustomisasi langsung pada pengrajin. Jangan khawatir akan kualitas produkmu. Qlapa menyeleksi produk yang dipasarkannya di situs tersebut. Setelah mengorder, transfer, barang akan dikirim langsung hingga ke depan rumahmu.

Setelah berhasil membelinya, jangan lupa rawat batik jogja milikmu
Perawatan batik asal kota jogja berbeda dengan yang lain. Bila tidak dirawat dengan baik, warnanya akan mudah pudar. Berikut langkah untuk merawat kain batik:
1. Hindari mencuci dengan detergen. Kamu bisa gunakan sampo bayi atau pembersih khusus batik sebagai pengganti.
2. Jangan menyikat kain. Cukup membasuhnya sedikit. Bila kainmu terkena noda, gosokkan dengan sabun mandi batangan di bagian noda.
3. Hindari mencuci dengan mesin cuci. Mesin cuci dapat merusak warna dan menghilangkan seratnya. Cucilah dengan tangan menggunakan air hangat.
4. Tidak boleh menjemur terkena sinar matahari langsung. Angin-anginkan saja pakaianmu dengan kipas angin atau jemurlah di tempat teduh.
5. Hindari terkena setrika panas secara langsung. Panas dari setrika akan merusak kualitas kain.  Lapisi dulu dengan kain tipis di atasnya sebelum menyetrika.
6. Setelah rapi, simpan pada plastik khusus agar terhindar dari rayap ataupun jamur. Namun, hindari penggunaan kapur barus karena dapat merusak warna. Kamu bisa tambahkan merica bubuk atau akar wangi.

Meski berkualitas dan bercorak khas, batik jogja akan jadi “buruk rupa”. So...
Pemilihan bahan sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli pakaian. Kamu juga harus terus memperhatikan perawatannya. Bila dirawat dengan baik, pastinya umurnya pun akan panjang.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com