Thursday, 6 December 2018

Mengelola keuangan ketika travelling


Sabtu awal bulan Desember kemarin ada acara menarik di The Place, Senayan City Mall – Tomorrow Today Fund Festival. Banyak sekali influencer dan bintang tamu yang hadir, seperti Jovi Adhiguna, Tulus, Andien, Teza Sumendra Kenny Santana dan lain sebagainya.

Di acara tersebut enggak sekedar bertemu saja, melainkan sharing mengenai investasi di zaman serba milenial like this. Karena, mengatur keuangan tuh pentingnya seampun-ampun. Apalagi zaman sekarang yakan, bentar-bentar ngopi, bentar-bentar travelling, bentar-bentar ngemall, bentar-bentar nyalon, bentar-bentar belanja, bentar-bentar hangout, dan masih banyak kebentaran lainnya. Maka dari itu perencanaan finansial yang masak dan pengaturan keuangan yang bijak demi antisipasi case cashflow, financial checkup, nabung, investasi, dan yang paling penting adalah membiasakan diri untuk enggak berhutang cuma demi kegiatan yang konsumtif. Pft.

Sekarang ini, banyak banget millennial yang sudah sukses di usia muda, baik sebagai karyawan maupun pengusaha. Makanya keberhasilan mereka rentan banget dengan gaya hidup yang sudah saya sebut di atas. Nah, di acara tomorrow today fund festival kemarin membahas mengenai edukasi finansial yang dikemas dengan music dan art. Supaya lebih menarik tentunya.

travelling

Terus bagaimana sih mengelola keuangan ketika travelling? Mudah sayangnya aku.

1. Beli tiket jauh-jauh hari
Beli tiket ini enggak perlu yang diskon kok, diskon itu cuma keberuntungan, kalo enggak beruntung ya pakai cara ini insyallah berhasil. Misalnya, kamu mau pergi ke Bangkok Maret 2019, kamu beli tiket berangkat bias di bulan Juli 2018 kemudian beli tiket pulang Agustus 2018. Jadi, enggak begitu tekor juga dompetmu, dan terhindar dari hutang~

2. Booking penginapan jauh-jauh hari
Dilanjut pada poin pertama tadi, maka kamu bisa booking penginapan di bulan September 2018. Semakin lancar dan enggak ada hutang, masih bisa hangout juga. 

3. Nabung
Sebelum bulan keberangkatan, kamu bias nabung. Masih ada bulan Oktober, November, Desember, Januari, Febuari dan bulan H. Semakin banyak kamu menabung sebelum hari H. Semakin prepare kamu perginya kamu.

4. Atur itinerary
Supaya makin prepare, kamu bias rancang perjalanan kamu, supaya tidak banyak menghabiskan fund dan bisa eksplor ke tempat wisata lainnya. Kalau kamu tipe orang yang sangat terencana dan melakukan semuanya seperti rencana kamu, maka kamu tidak akan kesulitan untuk menjalankan itinerary yang kamu buat sendiri.

5. Atur pengelolaan makan selama di lokasi
Sebenarnya kalau makan ini enggak bisa dibatasi, karena kan kamu melakukan perjalanan selain menikmati destinasi wisatanya pasti menikmati destinasi kulinernya, dong. Nah, diakali dengan cara; kalau kamu ingin menikmati makanan yang dirasa tidak akan mengonsumsinya terlalu banyak atau sekedar ingin tahu, kamu bisa patungan sama temen kamu, jadi sharing gitu. Atau permisalan lainnya pesan lauknya satu, nasinya 2 dnegan catatan lauknya kebanyakan. Pernah ada yang begini juga? 

6. Atur pengelolaan belanja selama di lokasi
Ini nih yang biasa sering kebablasan. Bilangnya enggak beli apa-apa lagi, ternyata malah kebeli apa-apa. Ada yang suka begini juga enggak sih? Biasanya yang begini ini berangkat 1 ransel pas pulang jadi 4 ransel. Benar enggak sih?

coffee

Kira-kira begitu pengaturan keuangan yang sederhana ketika travelling, mudah bukan? Jujur, saya melakukan hal itu ketika hendak melakukan travelling. Alhasil, saya masih bisa nabung buat yang lainnya seperti investasi, kamera, perjalanan berikutnya, dan lain sebagainya.

For information, Tomorrow Today Fund Festival ini diadakan oleh Sorak Gemilang Entertaiment yang bekerjasama dengan PT. Narada Aset Manajemen. Sorak Gemilang Entertaiment (SGE) ini dibangun sejak tahun 2012 untuk membuat dan mempertunjukkan pentas teater dan pertunjukan arena dengan fokus pada produksi dan promosi hiburan untuk keluarga. Direktur dari PT. Narada Aset Manajemen bilang kalau “investasi bukan hanya untuk mereka yang berkecukupan, tapi untuk semua termasuk milenial.”

5 Desember 2018,
Coteca Coffee and eatry,
Kesayangan Kamu

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com