Wednesday, 3 October 2018

Pertamina Jelajah Energi Visit RU VI Balongan

Baca sebelumnya dulu, sayang...

Masih di hari yang sama, usai mengunjungi site pengeboran dan makan siang. Kini saatnya berpindah lokasi ke RU VI Balongan yang mana kilang ke-6 (enam) dari 7 (tujuh) kilang milik Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero) yang sudah beroperasi di tahun 1994 dan berlokasi di Indramayu serta berbidang usaha minyak mentah (crude oil).

balongan

Ternyata bahan bakar penerbangan, yakni avtur juga di produksi oleh Pertamina Refinery Unit (RU) VI kurang lebih sebanyak 1.500 kiloliter avtur setiap harinya. Banyak bosku. Berapa ember ya itu? Selain avtur Pertamina RU VI juga memproduksi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax dan Pertamax Turbo Low Sulfur High Quality yang katanya dengan standar emisi Euro IV.

Kalau 2 (dua) paragraf di atas terlalu teknikal, ya wajar. Kan jalan-jalannya ke kilang minyak Pertamina. Untuk masuk ke kilang minyak juga enggak bisa sembarangan orang bisa masuk. Banyak izin resmi dari atas sampai bawah. Enggak hanya di site Jatibarang saja menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) di sini, juga diwajibkan menggunakan APD yang membedakan hanya tidak menggunakan boots, melainkan sepatu safety yang bagian depannya berat karena terdapat besi.

Enggak bisa juga bawa kamera dalam bentuk apapun ke dalam kilang, bahkan sebelum masuk ke kilang, diharuskan mengunjungi HSSE Demo Room yang di dalamnya beragam alat pelindung diri bagi para pekerja, mulai dari alat pelindung diri ketika sedang berada di area api maupun lainnya. Setelah mengelilingi ruang demo saya diminta masuk ke dalam ruangan seperti bioskop mini kemudian diputarkan cuplikan video Safety Induction Plant Visit for Visitor. Semua step-step untuk masuk ke kilang minyak dijelaskan dengan detail.

balongan

balongan

Dirasa sudah cukup pemberitahuannya, saya diajak berkeliling kilang minyak menggunakan bus khusus. Pikir saya kilang minyak akan penuh dengan minyak dan panas sekali kemudian kotor, ternyata saya salah. Di sana justru bersih, banyak pipa-pipa besar yang entah apa namanya, kemudian ada semacam baskom besar yang volumenya kurang lebih 5000 liter. Enggak pernah sangka kalau Indonesia punya seperti ini, apalagi Jawa Barat, Balongan pula. Enggak pernah dengar sebelumnya tentang Balongan sekalinya ke Balongan malah ke tempat super takjub kayak gini. Indonesia punya 5 Asset, diantaranya Surabaya, Kalimantan, Jawa, Papua, Sulawesi. Ini asli sih ya, kalau malam kilang minyak di Balongan ini mewah banget. Lampu-lampunya serta flare-nya cantik banget. Saya pribadi merasa benar-benar takjub akan keindahan dari kilang minyak Pertamina RU VI ini, bahkan ketika mengetik tulisan ini masih benar-benar merasakan keindahannya RU VI. Sayangnya tidak boleh difoto atau divideokan.

bernavita

Perjalanan saya dengan Pertamina enggak hanya sampai di Pertamina RU VI saja, kami juga pergi ke Ekowisata Mangrove. Biar makin penasaran, ceritanya saya publish besok lagi, ya!

29 September 2018,
Kaca Coffee and Eatry,
Kesayangan Kamu.

2 comments:

  1. "Pikir saya kilang minyak akan penuh dengan minyak dan panas sekali kemudian kotor, ternyata saya salah."

    Ya kalo operasi, iya. Nda kotor. Kalau ada kegiatan maintenance, lain cerita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru itu, tak kira semuanya begitu. ternyata beda.
      yg di lokasi sebelumnya iya sepertinya maintenance makanya agak beda ya...
      baru paham akutuh.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com