Monday 5 March 2018

7 Kuliner di Cirebon yang Sayang untuk dilewatkan!

Memang susah sih ya kalau lagi sayang-sayangnya terus dilewatkan begitu saja. Sama halnya dengan kuliner di Cirebon! Apa saja kuliner di Cirebon yang bisa kamu nikmati setiap suapnya? Ikuti petualangan perut Bena dalam edisi Cirebon!

Saya tidak bertanggung jawab kalau kamu membacanya kemudian lapar, ya. Silakan disimak sambil mengunyah!

1.      Nasi Lengko H. Barno II



bernavita

Enggak lengkap memang kalau ke Cirebon belum menikmati nasi lengko. Nasi lengko yang cukup ternama dan rasanya enak adalah Nasi Lengko H. Barno. Nasi lengko Pak Barno ini memiliki 2 lokasi yang saya nikmati lokasinya di sekitar jalan Cipto. Tepatnya seberang Grage Mall. Dengan harga Rp 13.000 kamu sudah dapat menikmati nano-nano-nya nasi lengko ini. Perpaduan nasi dan campuran sayur mayur mentah disiram dengan sambal kacang membuat lidahmu bergoyang ditambah suara sayuran mentahnya crunchy sekali.

2.      Nasi Jamblang Mang Dul
Saya amat menyayangkan ketika saya harus makan di sini, sebenarnya. Karena ternyata nasi jamblang yang enak adalah di pinggir jalan dan tidak terlalu ternama. Nasi Jambalang Mang Dul memang sudah terkenal sekali, bukan hanya Mang Dul, tapi Ibu Nur juga sudah mewabah di kota Udang ini. Harganya bukan lagi mencerminkan sejarah nasi jamblang. Saran saya ketika kamu ingin menikmati nasi jamblang cobalah berjalan kaki ke arah Jalan Kartini di pagi hari, maka kamu akan menemukan penjual nasi jamblang di trotoar pinggir jalan yang harganya lebih manusiawi serta rasanya yang lebih enak.

3.      Empal Gentong Amarta
Setelah diberitahu oleh Marketing Admin dari Ibis Budget Hotel Cirebon bahwasanya kalau empal gentong kepunyaan Amarta lebih enak rasanya ketimbang H. Apud saya langsung mengubah destinasi petualangan perut Bena. Dan ternyata benar! Rasanya dari Empal Gentong Amarta lebih enak. Ada bumbu-bumbu tersembunyi yang memang dimasak menggunakan cinta atas nama pelanggan setia dari setiap suap empal gentong ini. Harga empal gentong ini terbilang masih standart menurut saya, Rp 24.000 menggunakan nasi Rp 5.000 lalu sate kambing Rp 38.000 /10 tusuk.

4.      Pipit Tongseng Batembat


tongseng batembat

Ini dia yang menarik. Lagi-lagi saya diberitahu untuk melakukan petualangan perut Bena. Sebenarnya Mbak Jessica enggak bilang nama lokasi di mana saya harus menikmati tongseng Batembat ini sih. Cuma setelah saya cari di google yang terpampang dan buka adalah Pipit Tongseng Batembat, di rumah makan ini saya sempat menikmati bakso tongseng, sate Batembat dan       Tongseng Batembat.

Bakso tongseng, jangan sampai kamu kecewa seperti saya. Mulanya saya pikir bakso tongseng ini adalah bakso yang kemudian disiram kuah tongseng, ternyata hanya bakso dan daging. Dagingnya ini daging dari tongseng. Hhh. Bakso tongseng yang unik dinama saja ini harganya Rp 15.000

bernavita

Sate Batembat, menurut saya ini sate paling empuk setelah sate buatan Mama yang pernah saya makan. Dagingnya direbus terlebih dahulu, entah kemudian diapakan lagi yang jelas dibakar kemudian disajikan. Sehingga ketika digigit daging dari tusukannya terasa empuk dan juicy sekali. Jangan terkecoh dari tampilannya. Memang terlihat seperti gosong tapi rasanya juara, menurut saya! Harga sate Batembat ini dihitung per tusuk dengan nominal Rp 4.000

Tongseng Batembat, ini dia yang paling fenomenal sepanjang kulineran di Cirebon. Beberapa orang menagung-agungkan tongseng ini. Katanya empuk dan rasanya enak. Ketika saya makan tongseng ini saya sama sekali tidak menemukan dimana letak keempukannya si tongseng. Juicynya jelas iya. Namun jika dinilai dari keempukkan lebih empuk sate Batembat. Harga tongseng per porsi adalah Rp 25.000

Kenapa sih harus Batembat? Batembat adalah nama daerah di kota Cirebon. Maka dari itu dinamakan Batembat baik makanan maupun nama rumah makannya.

5.      Bubur Sop


bernavita

Bubur sop ini dapat kamu temukan di manapun. Beruntungnya saya berhasil mencicipi bubur sop ini ketika jalan-jalan saat CFD. Dengan harga Rp 10.000 /porsi sudah kenyang. Isian dari bubur sop ini sama seperti sop layaknya, yang membedakan hanya kacang kedelai dan buburnya. Masih belum kenyang? Santai!

6.      Es cuwing


bernavita

Jalan kaki keliling sekitaran kota Cirebon untuk cari es cuwing. Pegal kaki, keringat bercucuran. Rasanya ingin kembali ke hotel dan menikmati dinginnya Air Conditioner di kamar. Saya urungkan niat dan kembali meneruskan misi petualangan perut Bena. Es Cuwing, akhirnya saya menemukanmu! Es cuwing ini bisa kamu dapatkan di sekitaran Jalan Kartini. Habis jajan nasi jamblang minumnya es cuwing. Lokasinya persis di depan Mcd Kartini. Harganya murah sekali Benalicious Rp 4.000 saja!

7.      Toko roti ruby
Kurang greget memang kalau sehabis melakukan jalan-jalan tidak belanja oleh-oleh. Bosan dengan kerupuk melarat? Santai! Cirebon punya toko kue yang sudah terkenal sejak dulu seperti hal-nya Bandung. Toko roti Ruby, toko roti ini menjual berbagai jenis roti. Harganya variasi mulai dari Rp 7.500 hingga setinggi-tingginya tingkah lakumu! Tapi saya tidak menyarankan kamu untuk membeli oleh-oleh ini, lebih baik kerupuk melarat saja. Kenapa? Rasa rotinya terlalu biasa saja, untuk pisang molennya menurut saya lebiih enak yang di Bandung itu. Hm.

Sekian petualangan perut Bena, sampai ketemu di petualang-petualangan perut lainnya. Kira-kira akan berpetualang ke mana lagi, ya? Ada ide? Kalau mau tanya saya menghabiskan uang berapa dalam melakukan petualangan kuliner di Cirebon kali ini, hitung sajalah semua harga di atas. Itulah pengeluaran saya.

27 Febuari 2018,
Planet Namec
Kesayangan Kamu.

19 comments:

  1. Nasi Jamblang yang enak di Pelabuhan, Ben. Cobain deh next time. Ada satu nih yang kelewat, mie koclok. Dekat Pasar Pamitran ada satu yang enak, bukanya malam doank. Tapi lupa namanya. :D

    ReplyDelete
  2. Naaah ini diaaa rencana mau ke cirebon nih dlm waktu dekat

    ReplyDelete
  3. Tapi waktu nyobain nasi lengko, kok lidah ini ga terima.. Apa karna baru pertama kali ya.

    Kubelum pernah nyoba nepal gentong nih, kapan2 ajakin yah

    ReplyDelete
  4. Siang-siang makan pipit tongseng batembat ditemani es cuwing, behhh....maka nikmat tuhan mana lagi yang kau dustakan

    ReplyDelete
  5. sejumlah makanan itu saya pernah dengar
    seperti nasi jamblang
    tapi blm pernah nyoba
    maklum blm pernah sampe cirebon
    sepertinya pada enak tuh
    duh jd laper

    ReplyDelete
  6. Benaaa...
    Asiknya kulineran di Cirebon.
    Aku dulu sempat tinggal di kota ini selama 3 tahun.

    Dan jaman duluuu...belum kenal es cuwing.
    Hehhe...kalo sega jamblang sama empal gentong udah jadi iconic Cirebon yaa..

    ReplyDelete
  7. Belum pernah ke Cirebon. Nanti kalau ke sana mau jajal kulinerannya :D
    Penasaran nasi lengko kyk apa, kalau ada sambal kacang apa mirip2 pecel gtu ya atau sambal gado2 yang khas di Surabaya...

    ReplyDelete
  8. Belum pernah makan itu karena hanya lewatin Cirebon tp gak mapir. Baksonya cukup menggoda. Di sini bakso biasa aja. Paling banter bakso bambu sama beranak itu sih

    ReplyDelete
  9. dari tujuh kuliner cirebon, saya baru makan bubur sop cirebon doank mba, soalnya itu dijual di depan kantor.. rasanya emang beda, terutama di kuahnya..

    kalau di cirebon, ntar berarti wajib makan Pipit Tongseng Batembat sama Empal Gentong ahh

    ReplyDelete
  10. waw es Cuwing. sungguh membuatku penasaran. itu kira kira kaya apa ya kak? membuatku sungguh penasaran ama rasanya. semua makanannya enak dan aku jadi kepengen sekaligus kangen. Kuliner membuat ingatan kembali tajam

    ReplyDelete
  11. Waktu ke Cirebon, saya sempat makan di Nasi Jamblang Mang Dul.Pengunjungnya ramee..padahal bukan jam makan siang, tapi yang datang silih berganti.
    Saya penasaran dengan Tongseng Batembat, lain kali kalau ke Cirebon lagi, mau nyobain ah...

    ReplyDelete
  12. Utuh bubur aop kayaknya nikmat banget dimakan, saat malam dan dingin begini...

    Ga sopan suruh baca terus sambil ngunyah!

    Ngunyah apa..? Gigit hp hahahaha

    ReplyDelete
  13. Cirebon memang terkenal dengan kulinernya ya. Variatif dan kaya rasa. Pernah sekali ke cirebon baru ngerasain sate batembat, empal gentong, nasi lengko..

    Es cuwing belum pernah.. hmm berarti harus balik cirebon lagi nih buat nyoba. Tapi enaknha kulineran di cirebon itu banyak pilihan tempatnya ya mba. Kalau jalan di kartini bisa dapat banyak..meski belum tentu enak..

    ReplyDelete
  14. Ini petualangan perutnya lengkap banget kak Ben, dari tongseng batembat hingga es cuwing. Satu kota Cirebon aja lho padahal, benar2 petualangan perut ya Mbak Ben. Saya paling ngiler sama sate batembatnya.

    ReplyDelete
  15. klo ke Cirebin ya empal gentong lah
    tapi biasanya makannya sepaket sama nasi jamblang
    duh ngecess jadinya

    ReplyDelete
  16. Yang sering banget mah nasi jamblang, eh bubur di h toha enak juga lho

    ReplyDelete
  17. duh, aku ingin nasi lengko dan nasi jamblang.
    Cirebon ini seiprit aja dari Jakarta tapi kok belum sempet juga dieksplor. cedi. kamu bikin ngiler, kak.

    ReplyDelete
  18. Banyak yang belom dicobaaaa, di list ini baru nasi lengko saja yang pernah dimakan waktu liburan ke Cirebon kemaren :D

    ReplyDelete
  19. Nasi jamblang depan GTC sebrang Grage Mall kalo malem ada mimi pitri atau ibad otoy. Pagi ada di pelabuhan dekat BAT yg kita kesana ben.. Makasih ya udh muterin Cirebon. Oiya.. Mie get sdh coba? Es tape?? Telusur pasar kanoman dan km bakal nemu jajanan cirebon disana

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com