Friday, 22 February 2013

Nice Town, KUDUS!!!

Haaaiii my loyal readers :)
long time no wrote, just wanna share something new in a llittle town.

KUDUS!
Religious Town.
yap, Kudus. Siapa sih yang engga pernah denger kota kecil nan religi ini?
Ada apa aja di Kudus? Kenapa gue mau ngebahas tentang Kudus?

Berawal dari hobi yang emang gak bisa di minimalisirkan lagi, gue punya temen namanya Alfian, Alfian ini temen gue jaman penjajahan SMA. nah Alfian ini sekarang jadi warga Kudus karena sekarang dia bekerja disana (Usaha kakaknya. kalo engga salah yaa.)
Alfian kira gue cuma iseng - iseng bilang mau main ke Kudus, cuma bercandaan, tapi FAKTAnya gue beneran ke Kudus lho :)
"Gila lo Bern, gila. Cewe lho. Berani bener lo." Kalimat pertama yang di ucap Alfian saat ngejemput gue di St. Tawang Semarang jam 7 pagi. Dimana saat itu gue berangkat jam 9 malam dari St. Pasar Senen Jakarta.
Gak perlu biaya mahal. Cukup ngeluarin uang Rp 100.000-,  aja gue udah bisa duduk enak, pake AC, ngunyah permen karet. Kereta ekonomi yang gue naikkin tumpangi tunggangi  saat itu.

Turun dari St. Tawang dimana saat itu udah ada Alfian yang setia menunggu gue. HALAH -,-
Dari St. Tawang gue sama alfian berjalan agak jauh biar bisa naik Trans Semarang (kalo dijakarta namanya Busway) "Lo yakin bern mau jalan kaki aja? Gamau naik becak?" "Engga usah Ray, gue gak cape kok."
Naik Trans Semarang sampe Terminal Terboyo itu cuma ngeluarin uang Rp 3500-, per orang yaa.

Trans Semarang Rp 3.500-,
terus dari Terminal Terboyo gue sama Alfian cari bus tujuan Kudus. Dan kita dapet bus yang harganya agak murah Rp 6.000-, per orang dan berAC. (Ray, bener gak sih busnya harganya segitu? Lupa gue) yaaa kurang lebih segitu deh. Busnya emang engga recomended BANGET, tapi kan yang penting nyampe Kudus. Ye gak? IYE AJA UDAH BIAR CEPET. Sesampenya di Terminal Kudus entah apa itu namanya gue sama Alfian lanjutin perjalanan menggunakan angkutan kecil berbentuk mobil carry dan hanya mengeluarkan uang Rp 2.000-, per orang aja. Perjalanan dari Semarang ke Kudus harus melewati lembah, bukit, gunung macem ninja hatori. Engga deng. Boong. hahahahaa. Semarang - Demak - Kudus. Selama perjalanan dari Semarang ke Kudus kalo kalian kesana nanti entah kapan, kalian akan di suguhkan dengan pemandangan rerumputan, sesawahan, kekalian, kesungaian, kejombloan, kegalauan, kesedihan ditinggal pacar, kelaperan cinta kasih, kehausan kasih sayang. Pokoknya begitu. Emang engga bagus, tapi nikmatin aja. Kapan lagi dapet pemandangan langka begitu? Ye kan??

Bapak becaknya mengalami galau

kekalian

rerumputan kekuningan serta kekalian

Banjir yang dimanfaatkan untuk cuci truk -,-
Engga sampe 15 menit gue udah sampe tempat dimana Alfian bekerja.
Sesampenya ditempat Alfian bekerja, gue beres - beres sedangkan Alfian melanjutkan pekerjaannya.
Gue mandi-mandi ala bidadari turun dari angkot gitu disana. Terus engga lama gue selesai semua, Alfian ngajakin gue untuk sarapan dan berkeliling sekitar Kudus, TAPI...... "Bern, selesai gue ngurusin kerjaan gue kita jalan-jalan keliling Kudus yaa. Engga lama kok. Gue tinggal bentar ya Bern. gapapa kan?" "Yaelah Ray, iyaaaaa woles udah kerja aja dulu. Gue juga mau ngurusin kerjaan gue di Jakarta."

OKEEE.
kenapa gue bilang gue ngurusin kerjaan gue di Jakarta? Karena gue pergi ngetrip disaat yang engga tepat. Disaat Weekdays dan kerjaan emang lagi butuh gue banget. Jadi sebagai Karyawan teladan gue tetap mengerjakan tugas kantor dan satu lagi, engga lupa juga gue ngerjain tugas KAMPUS mengenai PENELITIAN. Entah biar dibilang apa gue ini. Hebat? Wesbiyasa. keren? Dari dulu kale. Cantik? Dari lahir kaleee.

singkat cerita karna kalo kepanjangan jadi males ntar pembaca gue bacanya.

Gue keliling Kudus sama Alfian naik motor. Kenapa motor? Ya gappa. kepo banget lu ah.
Disela perjalanan baru aja sampe dipasar apa entahlah, lupa gue namanya juga...
gue beli es cendol. MURAH!! cuma ngeluarin uang di dompet Rp 2.000-,  udah bisa dapet semangkuk penuh itu es. 

es cendol Rp 2000-,
Selese makan cendol di pinggiran pasar gue dan Alfian bergegas mau melanjutkan perjalanan. TAPI BAN MOTORNYA ALFIAN BOCOR!!!! Jadi perlu di tambal dulu. Alfian dorong motor gue cari cemilan disekitaran pasar situ dan I FOUND MY FAVORITE FOOD LELEEEEEEEEEEE. Hahahahhahha. Gue suka banget sama lele yang udah di goreng tapi dijual di pasar, rasanya tuh Jawa banget. Udah gitu aja komentar gue.

Motornya Alfian lagi ditambal
Selesai itu ban motor ditambal gue dan Alfian melanjutkan perjalanan dan tetiba Alfian "Bern, pernah makan soto asli sini belum? Tapi agak mahal, gue aja makannya kalo udah gajian" "hahahahhha, kok gitu ray?" "Ya karna mahal lah Bern. Eh tapi lo makan soto yang mahal tp enak venuenya di ruko atau soto murah tapi gak enak venuenya dipinggir jalan?" "Bebas lah Ray, gue sih mana aja oke" "Yaudah kita ke tempat soto murah, eh jangan deh. soto mahal aja. kapan lagi kan lo ke Kudus makan soto mahal." "Yadeh"
Percakapan yang rumit itu ternyata cepat membawa kami menuju soto tersebut.

Tempatnya emang kayak di ruko gitu, biasa aja. cuma banyak sate didepannya. Sate yang dimaksud disini tuh sate usus, sate ampela, sate hati, sate telur puyuh, sate pantat ayam, sate pantat lo, sate hati yang tersayat, sate putri yang tertukar, sate season 8. Begitulah. Ditempat soto itu tersedia berbagai macam. Ada soto kerbau, soto ayam, soto babat, sotoy banget lo. Karena Soto kerbau agak aneh buat gue... Akhirnya gue coba deh tuh soto kerbau (TERNYATA SOTO KERBAU ITU MAKANAN KHASNYA KUDUS) rasanya? ENAAAAKKKKKKKKKKKKK. Engga bau amis dan engga bau MANTAN, apalagi bau PARFUM GEBETAN yang abis pegang tangan semalem. *salah fokus*

Aneka sate
engga tau ini namanya apa, tapi yg jelas ini gorengan
Dari soto kerbau, gue sama Alfian mengitari seluruh kota Kudus dengan riang hati gembira (karena gue dengerin lagu) dan cuaca yang agak panas. Hemm.... Gue dan Alfian mengitari kota Kudus. Alfian juga ngajak gue ke menara mesjid Kudus. eh salah Masjid Menara namanya kalo gak salah. Ya kalo engga salah berati bener.

Plang arah ke mesjid menara


mesjid menara sisi 1

mesjid menara sisi 2

sisi samping

sisi hampir depan

sisi samping banget

Mesjid Menara
Kita (Gue & Alfian maksudnya) keliling kota Kudus sampe malem. malemnya ya jam 10 malem lah. Karna kata Alfian cewe - cewe di Kudus kalo udah jam 8 malem udah engga ada yang diluar. Dan ternyata BENAR lhooo... Bisa dibilang gue satu-satunya wanita yang paling cantik di Kudus. Oke gue tau ini salah fokus tapi apa salahnya memuji diri sendiri :p Gue satu - satunya wanita yang jam 9 malem masih ada di pusatnya kota Kudus. Gue makan cenil, minum sekoteng, makan di angkringan. Lumayan kenyang lah gue malam itu. Kenapa? ya gapapa... Jangan kepo plis :(




cenil Rp 1.000-,
DAN yang paling gue bikin BINGUNG adalah. Di Kudus itu, korannya di pajang. Mungkin maksudnya biar banyak yang baca. Dan engga satu tempat aja. Ada banyak tempat yang sediakan seperti itu.
Dikira sudah terlalu larut gue pulang ke hotel melanjutkan pekerjaan gue yang tertunda dan melanjutkan menonton film. Lo tanya Alfian kemana? Ya mana gue tau. Emang gue umpetin.
Koran! korannya dipajang.

Tugu Identitas Kudus

Tugu yang pertama dilihat waktu masuk kota Kudus
setelah agak sore. eh itu sore atau besok harinya yaaa? LUPA. KLIMAKS LUPA. LUPA BENERAN. NAMA GUE SIAPA? NAMA LO SIAPA? NAMA MANTAN SIAPA? NAMA SUAMI LO SIAPA? NAMA ISTRI GUE SIAPA? NAMA BOKAP LO SIAPA? NOMOR REKENING LO BERAPA?
OMAIGATTT, BERN KENAPA LO JADI BEGINI?! HENTIKAN HENTIKAN! STOP STOP~ Stop stop kau mencuri hati ku hati ku #nowplaying Dewi Persik - Stop mencuri hatiku....

Intinya yang mau gue share adalah gue makan makanan khas Kudus lagi. Namanya Lenthog.
Rasanya? ENAK BANGETTT!!!! ALFIAN AJA NAMBAH SAMPE 2X.
Isinya tuh lontong, nangka muda dimasak kuas putih. eh kuah opor deng. Terus....
Ah ngiler gueee. kepengin lagi :(((
TOLONG KIRIMIN LENTHOG BUAT GUE. TOLONGGGGGGGGGG....




lenthog

Ibu penjual lentog
Engga ngerti lewat jalan mana yang dilaluin sama Alfian, tetiba di bilang begini "Bern, lo mau lewat tempat para pelajar bulu tangkis gak?" Dengan cepat gue jawab maulah. Kapan lagi gitu lho... Engga begitu bagus emang hasil pictnya karna kata Alfian biasanya ada air mancur dan lampu kerlap kerlipnya macem diskotik. halah.




Keesokkan harinya gue sama Alfian pagi-pagi sekali menuju Gunung Colo.
AH SUDAHLAH TIDAK PERLU DIBAHAS GUNUNG COLO INI.
PADAHAL KAMI HANYA BERTEMAN, ENTAH KENAPA GUNUNG COLO INI BERDAMPAK PADA KAMI :(. Menurut mitos : kalo pergi ke Gunung Colo jangan sama pasangan nanti putus, atau yang udah nikah bisa cerai. Tapi gue engga mau terlalu mempercayai mitos itu. Ya mitos hanyalah mitos. Fakta adalah aku sayang kamu. Udah gitu aja.



Ya Allah, tolong kami ya allah.
kami mau naik gaji ya allah.
kami mau punya pacar ya allah.
kami ini berdoa apa ya allah.
ya allah kabulkanlah ya allah.
amin..

Sekian perjalanan gak ada plan gue ini ke Kudus. Oia, di Kudus ini gue nginep di hotel yang pake AC. harganya cuma Rp 75.000-,
MURAH? kata siapaaaaaa??? Segitu kemahalan buat gue. Dari Kudus gue naik motor sama Alfian menuju Semarang. Elo ke Semarang mau ngapain bern? Cari Wangsit! Ya pulang ke Jakarta lah! naik kereta gue.
kereta dari Semarang - Jakarta Rp 37.500 LHO. FYI AJA. ITU MAHAL BANGET LHO. MAHAL. BUAT GUE ITU MAHAL :((

Finish.

4 comments:

  1. Non-mainstream trip! Awesome! Kamu travelling ke kota yg kategorinya jarang didatengin traveller, kecuali rombongan ziarah wali 9 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. LOL =))
      ngakak guling guling.
      kebetulan aku suka trip ke daerah yg kira2 belum pernah dikunjungi sama para traveller :p biar beda.

      Delete
  2. bagus,..tapi kudus,..sebenarnya gak mau baca,.tapi penasaran,,dan penasaran pun menghantui..akhirnya nyerah juga...dan membaca..dan kembali teringat kenangan dengan someone di kota ini...haaffttt... tangung jawab ya,..harga ODT baduy diskon 50% gak mau tau,..wajib ya.... narsisnya tetep sama neh gak aslinya ngk di dumay,..hafftt..... kok gak ada spidermannya lagi kakak di sini,..hahahahahha..sukses selalu ya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii. ih maap baru baca :(((
      makasi udah mampir.
      makasi udah baca.
      makasi doanya.
      sukses selalu juga :)

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :)
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com