Monday 24 April 2017

Masakan Padang yang Mengguggah Lidah

Masakan Padang memang selalu bisa menggugah selera lidah, kalau kamu selalu bisa menggugah hati saya. Santan yang kental mampu membuat bibir tak berhenti bergetar. Belum lagi wangi masakannya yang bisa merusak jadwal diet. Jangan sekali-kali masuk rumah makan Padang kalau kamu sedang melakukan diet. Rusak semua dietmu.

masakan padang

Meskipun saya Jawa Asli, sebagai omnivora, saya juga menyukai masakan padang yang penuh dengan berbagai macam bumbu rempah-rempah. Lalu, dari sekian banyak masakan Padang yang tertera di etalase yang mampu menggetarkan bibir hanya rendang, cincang, dan uda.

Belum lama ini, saya berhasil mencicipi masakan Padang yang baru saja buka di bulan April ini. Restoran Padang yang terletak di jauh banget dari Planet Namec. Bagaimana tidak? Lokasinya berada di Kota Tua Jakarta. Ibaratnya kalau kamu sudah capek keliling naik sepeda di sekitar halaman museum Kota Tua, kamu bisa mampir ke restoran ini. Apalagi kalau kamu pecinta makanan bersantan. Tapi, ternyata itu bukan ibarat, melainkan kenyataan.

Dari hasil penilaian indera pengecap saya, maka saya hanya mampu menterjemahkan berbagai menu dari restoran Padang kepunyaan Padang Merdeka seperti ini;

rendang

Rendang, seperti yang saya bilang pada paragaf awal kalau saya mencintai rendang. Sayangnya rendang di restoran ini terlalu manis. Jadi, ingat ketika kangen masakan Padang tapi posisi lagi di Jogja. Rendangnya manis gitu. Hahaha. Warnanya sih sudah cantik, hanya saja bagi saya terlalu manis. Rendang ini sangat cocok untuk kamu yang tidak suka makanan pedas.

dendeng lambo

Dendeng lambok, sambal dari dendeng sudah cukup enak, hanya saja rasa dagingnya seperti daging yang sudah lama kemudian dimasak. Mengecewakan. Sebagai penggemar dendeng saya merasa kecewa dengan rasa dendeng tersebut. Padahal minyaknya sudah manggil-manggil untuk nambahin kolestrol.

ayam kremes

Ayam goreng kremes, mungkin ini bukan kali pertama ada menu ayam goreng kremes di restoran Padang. Namun, nyatanya ayam goreng kremes ini sungguh favorit di kalangan. Belum lagi jika kamu mencocolnya dengan sambal. Rasa sambalnya seperti sambal rujak. Masih standar rasanya untuk saya.

sayur ubi tumbuk

Sayur ubi tumbuk, sayur ini rasanya nano-nano untuk saya. Asin, pedas, manis, gurih menjadi satu.  Ini bukan kali pertama untuk saya yang mencicipi sayur ubi tumbuk. Entah kenapa rasanya kurang familiar di sana. Tapi di makan bersamaan dengan nasi enak juga kok.

ayam pop

Ayam pop, saya kurang suka sambal pada ayam pop ini. Ada campuran petai yang di blender jadi rasanya merusak kenikmatan sambal itu sendiri. Mungkin bukan sambal kali ya, saus. Selain itu, terdapat rasa kinyis-kinyis dari terasi juga. Sungguh saya kurang menikmati sambal dari ayam pop ini. Kalau ayam pop-nya cukup menggugah selera sih.

perkedel

Perkedel, wah. Pertama kali cobain perkedel ini saya langsung suka. Adonan perkedelnya itu beda banget. Kayaknya si kentang di goreng terlebih dahulu, kemudian di tumbuk baru di balur dengan telur dan rempah-rempah rahasia ala perkedel lainnya. Saya sampai nambah beberapa kali untuk menyakinkan lidah saya bahwa perkedel ini memang juara rasanya.

gulai kikil

Gulai kikil, diantara semua makanan, menurut saya yang rasanya paling bener si gulai kikil ini. Potongannya yang besar membuat saya berhati-hati saat mengunyah, apalagi celana yang saya gunakan berwarna putih. Hiks. Tapi rasa gulai kikil ini beneran enak, apalagi kalau ditambah dengan nasi yang masih panas.

padang merdeka

padang merdeka

padang merdeka

padang merdeka

Dari sekian banyak makanan yang saya cicipi, saya terkagum-kagum dengan konsep dari restoran Padang ala Padang Merdeka ini. Diatas plafon terdapat susunan puzzle pulau Indonesia, kemudian kain-kain yang menghiasi dari kain songket. Semuanya benar-benar cita rasa Indonesia. Seolah masuk ke rumah gadang, padahal di restoran Padang.

padang merdeka

Eh, saya punya voucher nih, untuk kamu yang berdomisili di Jakarta, Bekasi atau sekitarnya deh. Caranya gampang banget. Cukup kasih alasan di kolom komentar apa yang akan kamu makan kalau kamu ke Padang Merdeka? Saat ngejawab jangan lupa kasih alamat email kamu ya, gunanya buat pengiriman voucher tersebut. ASEK. Maps untuk ke Padang Merdeka ada di bawah ya. Sampai ketemu di Padang Merdeka!



Planet Namec,
17 April 2017
Kesayangan Kamu

Pssst, terima kasih ya aris sudah mengirimkan foto gulai kikilnya :) saya kelupaan untuk foto.

15 comments:

  1. huwaaa rendangnya
    perkedelnya
    ayam popnya
    kikil juga....
    ya Allah... tapi adoh.... -_-

    ReplyDelete
  2. kalau makan makanan padang yang dicari hanya ayam kremes sama prekedel. Hahaha
    Itu rendangnya ngak semanis kenangan mantan kan ? LOL

    ReplyDelete
  3. nyesssss bangettt ,, enak kyknya :') harganya berapaan ben?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai salam, untuk tau harganya kamu bisa langsung berkunjung ke sana.
      kok jadi formal sih balesnya. kampret/

      Delete
  4. Jakarta baraaaaaaaaaaaaaaaaaat, eh tapi kota tua di Jakarta barat yah? Ya deket sih.
    Ikut wisata kuliner lain kali doong :D

    Eh lagi bagi bagi voucher yah
    Hahaha
    Ikutan!

    Aku pun orang jawa tapi aku suka banget sama nasi padang.
    Waktu pertamakali ngerantau ke Jakarta, tiada hari tanpa Nasi padang karna itu lah makanan paling dekat sama kantor.
    Dari sekian banyak masakan padang yang ada, memang yang paling ngangenin itu yah Rendang itu.
    Rempah rempahnya, baunya, tekstur dagingnya.. mulai dari yang empuk sampe yang susah banget buat di pisahin *elaah susah dipisahin. Semua sudah pernah kucoba.
    Tetep nagih sih yang namanya rendang itu mah.

    Btw ada ya sampe yang bikin lagu cinta sama rendang?
    padahal dia bule loh. Tapi aku lupa sih namanya siyapa...

    Nomor dua dari rendang, aku suka banget sama sayur nya nasi padang. Apasih sayur gak sih namanya? Yang cuma daun daun rada pait itu loh hahaha. Daun ini sangat enak dipadupadankan dengan rasa Rempah rendang yang nendang. Ibarat penetralisir.

    Terus..
    Eh maaf masih ada lanjutannya.
    Setelah rendang, aku juga suka banget sama perkedel.
    Kalau dari yang aku baca diatas, kentangnya digoreng dulu. Terus di tumbuk. Terus digoreng lagi pake telur. Persis banget sama bikinan ibuk.
    Huaaa jadi kangen ibuk.
    Jadi pengen makan masakan padang juga padahal komennya malem malem begini.

    Eh ini ada formatnya nggak ya? Kok komenku kayaknya ngalor ngidul malah kayak curhat sih wkwk.

    email : lailiumdatul.khoirurosida@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakka. selamat laili. semoga suka ya.
      ditunggu hadiahnya.

      Delete
  5. gulai kikilnya nih yang paling bikin ngiler,bisa nambah nasi 2 sampai 3 piring

    ReplyDelete
  6. Kalo udah ngeliat ada menu makan udang plus sambel merahnya yang pedes bikin laper gitu di rumah masakan padang, udah deh, gak kuat buat enggak beli, enak. Hehe :D

    ReplyDelete
  7. Kalau ke rumah makan padang merdeka, mau coba kikilnya, tunjang. udang balado, telor dadar,ayam gulai...lah banyak...hehhehe:D

    ReplyDelete
  8. Kalau saya ke Padang Merdeka, mau coba Ayam Pop. Suka ayam pop. Tapi nggak suka poop ayam.

    ReplyDelete
  9. waaaah, rendang kalo manis, aku jg ga bakal doyan mbak ;p... rendang buatan sepupuku paling mantap deh.. pedesnya bikin megap2 ;p.. maklum aja kluargaku memang penyuka pedes garis keras :D.. makanya kalo masak, itu cabe selalu over.. kok baca ceritamu, semua makanannya biasa, kec perkedel dan gulai kikil yaaa ;p.. ya berarti aku bakal makan itu aja kalo kesana ntr ;p

    ayam pop di medan sih yg ttp paling enak :D .. sambel ayam pop di rm padang di medan biasanya sambel kecap mba... pedeees.. kalo sambel merah begitu aku jg ga doyan... aneh ya rasanya..

    ReplyDelete
  10. jadi ini semacam rumah makan padang yang di cafeasikan ya? hehe kangen baget gue ih makan gulai ayam, sama ayam kremes :(

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com