Monday, 11 April 2016

Bercandi - candi ria di Candi Sambisari


Setelah selesai mencicipi nikmatnya soto batok, kami melanjutkan perjalanan yang enggak seberapa ini ke Candi Sambisari. Kurang dari 5 menit, kami sudah tiba di Candi Sambisari. Ya, Candi Sambisari dan Soto Batok ini memang letaknya tidak berjauhan. Mungkin hanya kami yang jauh...

Candi sambisari ini konon ditemuin sama seorang petani yang berasal dari Desa Sambisari yang kemudian dipugar gitu pas tahun 1986 sama Dinas Purbakala. Candi Sambisari merupakan Candi Hindu kalo enggak salah Dewa Siwa gitu deh. Letaknya pun berada di Purwomartani, Kalasan Sleman Yogyakarta.


Katanya juga Candi Sambisari ini ada dibawah tanah yang kedalamannya sekitar 6.5 meter masih dalem rasa sayang aku sama kamu sih.

Tiket masuk ke dalam Candi Sambisari ini cukup lima ribu rupiah saja per orangnya dan ini bellum termasuk biaya parkir yang hanya dua ribu rupiah. Untuk kamu yang bawa kendaraan bisa diparkir di depan loket masuk atau di dekat warung yang letaknya tidak jauh dari loket.

Kebetulan pas kesini cuaca Jogya sedang membara, sepertinya Cirro Stratus dan Alto Cumulus sedang berlomba-lomba menampilkan yang terbaik untuk warga Jogya. Padahal waktu menunjukkan pukul 09.30 Waktu Indonesia bagian Benaaa.


Kamu yang ingin menikmati sunyinya Candi Sambisari ini gampang banget buat menemukan titik koordinatnya. Cukup melangkahkan kakimu ke kanan ke kanan ke kiri ke kiri ke arah Barat yang menuju kota Jogya tapi melewati Kalasan. Lalu sekitar 6 menit kemudian belok ke kanan, lalu 7 menit setelah perjalanan ke arah utara pasti akan menemukan Candi Sambisari di sebelah kiri jalan. Gampang kan? Atau kamu bisa juga dari kota Jogya menuju ke arah Timur Kecamatan Kalasan, terus setelah beberapa meter yang jauh disana ada Bandara Adi Sucipto dan kamu akan menemukan plang bertuliskan "Candi Sambisari". Masih susah juga? Kalau susah tinggal pake maps-nya google atau pake GPS (Gunakan Penduduk Setempat.)
Ps. Credit photo : sama fotografer AbankIrenk tapi tetep pake Samsung NX2000

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :)
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com