Friday, 16 December 2016

Menjelajah Kepulauan Seribu

dari facebook Mas Indra
“Belum ke Jakarta kalau belum ke Kepulauan Seribu.” Itulah kalimat yang diucapkan oleh Ibu Neneng selaku Humas dari Dinas Kepulauan Seribu.

Ya, belum banyak yang tahu kalau Kepulauan Seribu ini memang terletak di sebelah utara kota Jakarta. Untuk pergi ke sana, kamu dapat mengaksesnya dari berbagai dermaga, seperti dermaga Marina Ancol, dermaga di Muara Angke, dan dermaga di Muara Kamal. Setidaknya hanya 3 yang saya ketahui. Sebelumnya memang saya sudah sering sekali pergi ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu, misalnya pulau Semak Daun, pulau Harapan, pulau Pramuka, pulau Tidung, pulau Pari, pulau Bulat, pulau Bira, pulau Gosong, pulau Kelapa, dan masih banyak lainnya sehingga sulit untuk mengingat.

Namun, perjalanan kali ini tidak membawa peserta trip melainkan undangan dari Dinas Pariwisata Kepulauan Seribu dan Indonesia Corner. Menyenangkan ya :)

Malam itu saya tak dapat tidur dengan nyenyak. Mengingat saya sulit untuk bangun pagi. Dan ya, selalu deg deg-an tertinggal kapal yang berangkat jam 6.30 :( alarm saya set mulai dari jam 3 pagi hingga pukul 5 dan bersiap untuk naik kereta listrik pertama.

Singkatnya setelah semua berkumpul, kami semua bergegas untuk menjelajah pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu.

1. Pulau Bidadari

bidadari island

Salah satu pulau resort yang terdapat di Kepulauan Seribu. Sebelumnya pulau ini dinamakan Pulau sakit (Pulau Purmerend). Menurut kabar, Pulau Bidadari ini salah satu pulau penunjang untuk Pulau Onrust karena letaknya yang berdekatan. Katanya VOC membangun rumah sakit kusta (lepra) yang dulunya berasal dari Angke, oleh karena itu dinamakan Pulau Sakit.

Dan pada saat yang bersamaan, Belanda juga membangun benteng pengawas yang berfungsi untuk melakukan pertahanan dari serangan musuh (kemudian diberi nama Benteng Martello). Warga Ambon juga pernah tinggal di sini sebelum orang Belanda mendudukinya. Kemudian pulau ini hancur karena serangan dari armada laut Britania Raya. Kemudian orang Belanda kembali membangunnya.

Panjang ceritanya pulau ini berganti nama menjadi Pulau Bidadari untuk menarik pengunjung. Maka jadiah pulau resort yang didalamnya terdapat kolam renang, labirin, resort dari berbagai tipe, restaurant dan lain sebagainya :)

2. Pulau Cipir (Pulau Kahyangan)

cipir island

Pulau Kuiper ini masih terdapat di Kepulauan Seribu dan tentunya berdekatan dengan Pulau Bidadari, Pulau Kelor, dan Pulau Onrust yang kemudian disebut sebagai pulau Paradiso. Di pulau ini terdapat benteng yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC. Katanya sumber air tawar di pulau ini bersih dan jernih.

3. Pulau Onrust

onrust island

Karena letaknya yang berdekatan dengan Pulau Bidadari dan sering dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Pulau Batavia, pulau Onrust ini sering disebut dengan Pulau Kapal. Di pulau ini banyak sekali peninggalan bangunan bersejarah pada masa kolonial Belanda.

Nama “Onrust” diambil dari bahasa Belanda yang berarti “tidak pernah beristirahat” kalau dalam bahasa Inggris “Unrest.” Di pulau ini katanya pernah menjadi tempat peristirahat keluarga raja Banten. Lalu terjadi sengketa yang nggak pernah selesai karena masalah kepemilikan.

Dulunya ada bangunan menjorok keluar yang berfungsi sebagai pos pengintai, lalu dibangun gudang juga untuk menyimpan besi dan dok tancap. Kemudian sempat dibangun juga kincir angin. Setelah anuan yang panjang pulau yang berada di sekitar (Pulau Bidadari, Pulau Kahyangan, dan Pulau Kelor) dibangun untuk mendukung pulau ini.

Kemudian entah tahun berapa Pulau Onrust diubah menjadi tempat untuk karantina haji. Jadi para calon haji dibiasakan dahulu dengan udara laut karena untuk ke tanah suci akan naik kapal laut berbulan-bulan lamanya (dulu belom ada kapal terbang, tjoy. Kalau sekarang mah manusia terbang juga ada.)

Tapi entah tahun berapa juga terjadi pemberontakan pula :( dan Pulau Onrust dijadikan penjara untuk para penjahat kriminal kelas berat. Lalu saat Indonesia merdeka pulau ini dijadikan sebagai rumah sakit karantina terutama untuk penderita penyakit menular. Sempat juga dimanfaatkan untuk penampungan para gelandang dan pengemis, latihan militer, hingga akhirnya terbengkalai dan dijadikan sebagai pulau bersejarah untuk objek wisata.

4. Pulau Kelor

kelor island

Dulunya dikenal dengan Pulau Kherkof, di pulau ini terdapat benteng besar yang dibangun oleh VOC untuk menghadapi serangan Portugis. Selain itu di sini juga terdapat banyak galangan kapal. Terdapat juga kuburan Kapal Tujuh (Sevent Provicien) beserta awak kapal yang berbangsa Indonesia yang memberontak hingga akhirnya gugur ditangan Belanda.

Oh iya, pemain film eh ftv eh sinetron eh artis deh. Mbak Atika Hasiholan dan Mas Rio Dewanto katanya menikah di Pulau Kelor juga, lho.

5. Pulau Untung Jawa

untung jawa island

Pulau Untung Jawa yang saat ini dijadikan pulau penduduk juga pulau Desa Wisata Nelayan sempat menyimpan sejarah sekitaran pemerintahan Hindia Belanda dan Jepang. Jadi, pulau ini pernah di kuasai oleh orang-orang pribumi yang berasal dari daratan Pulau Jawa. Lalu tahun berapa ya? dipimpin oleh seseorang yang sering dipanggil “Bek” (Lurah Red) tinggal di Pulau Kherkof dan memimpin beberapa pulau.

Karena kekuasaan Belanda nama-nama pulau yang sekarang dikenal dulunya menjadi nama yang berbau Belanda kemudian setelah kemerdekaan Indonesia namanya diubah. Nama pulau yang diubah antara lain;

·         Pulau Amiterdam = Pulau Untung Jawa
·         Pulau Middbur = Pulau Rambut
·         Pulau Rotterdam = Pulau Ubi Besar
·         Pulau Sehiedam = Pulau Ubi Kecil
·         Pulau Purmerned = Pulau Bidadari
·         Pulau Kherkof = Pulau Kelor
·         Pulau Kuiper  = Pulau Cipir atau Pulau Kahyangan
·         Pulau Onrust = Pulau Kapal

Katanya karena abrasi Pak Bek itu menganjurkan warganya yang tinggal di Pulau Kelor untuk pindah ke Pulau Untung Jawa. Tapi entah tahun berapa Pulau Untung Jawa didatangi serangan nyamuk, karena nggak tahan sama penderitaan begituan disarankan untuk pindah ke Pulau Ubi besar. Namun di Pulau Ubi Besar abrasi juga lalu pindah lagi ke Pulau Untung Jawa. Dan kini Pulau Untung Jawa menjadi Desa Wisata Nelayan.

6. Pulau Harapan

harapan island

Pulau ini cukup jauh lokasinya. Iya berasa banget kalau naik kapal penumpang eh kapal kayu eh kapal yang dari Muara Angke, deh. Pulau Harapan ini sudah menjadi pulau penduduk dengan spot snorkeling yang paling bagus di Kepulauan Seribu.

Kekayaan alam bawah lautnya membuat daya tarik pengunjung menjadi semakin banyak saja setiap weekendnya. Wisata lainnya yang menarik di Pulau Harapan ini adalah adanya penangkaran penyu di Pulau Kelapa, oh ya, Pulau Kelapa juga salah satu pulau resort.

Pulau Harapan ini juga menjadi tempat bermalam saya dan keluarga Indonesia Corner dengan Dinas Pariwisata Kepulauan Seribu. Sendau, gurau, tawa, cerita haru, bahagia, semuanya menjadi satu di salah satu homestay yang kami tinggali :)

7. Pulau Perak

perak island

Pulau Perak ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata camping oleh para pengunjung yang ingin mendirikan tenda. Pasir disekitar bibir pantai putih dan penuh dengan biota laut membuat Pulau Perak menjadi salah satu destinasi favorit untuk ber-snorkeling.

8. Pulau Dolphin
Pulau Dolphin ini juga menjadi salah satu destinasi favorit untuk menikmati keindahan bawah laut. Biasanya saat weekend para pengunjung akan diarahkan untuk bermain air di sini.

9. Pulau Pramuka

pramuka island

Pulau Pramuka ini sudah menjadi pulau penduduk dengan sanitasi yang baik bahkan terdapat sekolah mulai dari SD hingga SMA, terdapat pula prasarana lainnya berupa masjid, sekolah, rumah sakit dan lapangan bermain.

Pulau Pramuka ini terkenal untuk para diver (eh bener nggak ya sebutannya)? Pokoknya kalau mau mengambil lisensi diving di pulau ini. Selain itu terdapat juga penangkarang penyu.

Jadi seperti di paragraf awal belum ke Jakarta kalau belum ke Kepulauan Seribu itu benar adanya. Karena banyak sekali sejarah, wisata dasar laut dan lainnya yang bisa kamu jelajahi. Jadi, mau liburan ke pulau mana? Masih ada sekitar ratusan pulau di Kepulauan Seribu ini.

Keseruan di Kepulauan Seribu tolong siapkan kuota atau kamu buru-buru cari wifi untuk melihat video ini. Selamat menonton! :)


psttt : fotonya nggak diedit ya, awas aja bilang kalau diedit. Kebetulan cuacanya bagus jadi dapatnya juga bagus :)

Planet Namec,
15 Desember 2016
Kesayangan Kamu.

21 comments:

  1. Ah asik banget sih ke Pulau Seribu, aku ga diajak. Eh siapa juga aku ya sampai diajak-ajak :p
    Aku pernah ke Pulau Seribu 2-3 tahun lalu, lupa persisnya. Ikutan trip loncat 3 pulau dalam sehari: Pulau Cipir, Onrus, sama Kelor. Jalan-jalan sambil bersih-bersih pulau. Menyenangkan. Cantik. Ga kalah deh sama pulau-pulau lain di luar Jakarta. Kayanya wisata Jakarta emang harus lebih sering perbincangkan ke khalayak ramai deh. Kemarin ketemu turis bule bingung di Jakarta kok kaya kurang wisata katanya. Padahal kan banyak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaa. aku sering banget ke pulau seribu. wakakaka.
      iya ketiga pulau itu memang menyenangkan sekali.
      jadi kapan kita jalan2 mbak?

      Delete
  2. Kalau merujuk kepada statement bu Neneng, berarti selama ini saya beneran belom ke Jakarta dong ya.. *sad* Paling banter di Jakarta maen ke kota tua sama ke sunda kelapa.. Hahahah.. Pengen deh ke pulau onrust itu.. >,<

    ReplyDelete
  3. gak ada foto benaaa pas berenang nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak ada. nanti kalo ada kamu tergiang-ngiang. hih.

      Delete
  4. Ok rotterdam itu arti nya ubi besar yaaaa hahaha

    ReplyDelete
  5. Setelah anuan yang panjang.... *gue mikir ini apa sebenernya?* huahaha

    Eh ternyata kak bena ngevlog juga. Hits banget lah emang lah.
    Asik yaaa mengunjungi semua pulau di kepulauan seribu, aku udah 2 menuju 3 th di jakarta tp belum pernah kesana wkwk *traveller gagal*
    itu berapa malam sih? semalam doang kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semalem doang li.. hahaha.
      anuan yang panjang. apanya yang panjang? panjangnya berapa?

      Delete
  6. Si ibuk humas sa ae promosinya ya :))

    Karena belum pernah ke jkt apalagi ke pulau seribu jadinya cuma bisa manggut2 pas baca. Anyway, pernah gak sengaja nonton on the spot dan bahas pulau onrust itu, sama euy bahasannya haha! Tapi kalo di on the spot bilang (kalo gak salah inget) pulau ini jadi pulau hantu dan gak keurus, soalnya pas jaman penjajahan dijadiin tempat pengasingan tentara indonesia :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. beberapa tahun yg lalu emang nggak keurus. pas kesana juga masih alakadarnya.
      tapi alhamdulillah pas kemarin ke sana takjub juga. jadi lebih bersih. cuma bangunannya tetep pada tempatnya. nggak diubah. mengingat banyak sejarah yang tertinggal.

      Delete
  7. kepulauan seribu ini ibaratnya "Indonesia Mini" ya, asik banget jalan-jalan dari satu pulau ke pulau yang lain, apalagi pemandangannya seindah itu~ :D

    ReplyDelete
  8. hai gadis planet namec :D Videonya udah aku tonton loh :)

    ReplyDelete
  9. Uh... jadi kangen liburan ke pulau Untung Jawa. Momen terakhir sebelum resign. Pffftt. :')

    Gak, kok. Gak bilang editan. Kameramu, kan, emang bagus dan top markotop, Ben. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakaka. yaudah gih ke untung jawa lagi.

      makasih yoga :))

      Delete
  10. pulau harapan.. apa berkunjung kesini bisa mewujudkan harapan. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he he. silahkan baca postingan yg ttg pulau harapan, maka akan menemukan pulau harapan.

      Delete
  11. Baru pertama kali kunjung kemari nih kayaknya... aku baru tau ternyata sebelumnya bena udh banyak main ke pulau2 di kepulauan seribu.

    ReplyDelete
  12. Persepsi saya tntang kepulauan seribu ini, tentang satu pulau yg dinamakan pulau seribu krna klo pulaunya yg memang seribu kyknya nggk mungkin. Tpi ternyata pulau seribu itu emng bnyak pulaunya yaa~ Baru tau.

    Saya blum pernah ke Jakarta berarti, karna blum pernah kepulau seribu. Mkasih singgungan nya bu Neneng :))

    Oiya, bicara tntang pulau seribu saya lngsung inget penistaan agama, hehe.

    ReplyDelete
  13. aaah kangen pengen jalan bareng geng broot lagi benaa :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com