Friday, 25 August 2017

Mengintip Pembuatan Virgin Coconut Oil di Malingping, Lebak

cocolapa

Gimana, Ben Malingping? Malingping aman, Ben? Ya Allah, banyak bener yang tanya sama saya begitu. Huh, enggak pernah terpikirkan oleh saya untuk berkunjung ke Malingping. Justru saya baru tahu daerah Malingping ini ternyata berada di Lebak, Banten. Perkiraan awal saya perjalanan hanya melampaui batas hingga 2-3 jam, ternyata saya salah. 6 jam perjalanan, kalau dari Planet Namec jadinya 7 jam perjalanan yang ditempuh. Satu jam lagi saya sudah bisa bertemu pacar yang jauh di sana.

Perjalanan saya ke Malingping ini tidak serta merta jalan-jalan semata, melainkan melihat langsung proses pembuatan virgin coconut oil. Kan, di daerah Malingping yang enggak pernah terpikirkan olehmu ternyata ada beberapa pengusaha kelapa dan petani kelapa. Beberapa dari kamu pasti sudah biasa mengonsumsi VCO (Virgin Coconut Oil) atau nama lainnya minyak kelapa, Mama juga menggunakannya, bahkan sewaktu masih bayi juga saya sering diolesi minyak kelapa sekarang karena sudah besar ya tetap juga menggunakannya. Di daerah Sulawesi, minyak kelapa digunakan sebagai bahan dasar sambal dabu-dabu. Tanya aja Ka Vika dan Mas Fajar yang selalu tergila-gila dengan sambal dabu-dabu di Gorontalo. Gimana? Sejauh ini sudah penasaran dengan minyak kelapa?

Membuat minyak kelapa ini beragam caranya, ada yang dimasak sampai bosan dan lain sebagainya bahan bakunya tetap menggunakan kelapa. Seperti yang diketahui, kelapa itu sungguh pohon yang sangat membantu mulai dari akar hingga daunnya bisa digunakan. Seperti halnya yang dilakukan oleh UKM cocolapa ini, mereka membuat VCO dengan bantuan dari tenaga mesin dan jasa dari warga sekitar.

cocolapa

cocolapa

cocolapa

Kelapa yang sudah dipetik dari pohon, dibuang serabutnya, kemudian dikupas kulit luarnya hingga yang terlihat hanya kulit ari. Biasanya kulit arinya juga dikupas tapi ini tergantung kebutuhan konsumen.

cocolapa

malingping

cocolapa

Dirasa sudah selesai kelapa dibelah kemudian disuling airnya (biasanya air kelapanya diberikan ke pemasok air kelapa untuk dibuat nata de coco). Setelah itu kelapa ditimbang untuk memperkirakan berapa banyak kelapa untuk menghasilkan berapa liter minyak. kelapa dibelah dan disuling airnya.

cocolapa

cocolapa

cocolapa

cocolapa

Kemudian dicuci hingga bersih, lalu kelapa siap diparut dan di press hingga menghasilkan santan yang kental. Pembuatan santan ini sama sekali tidak ada tambahan air, ya. Jadi murni dari buah kelapa saja.

cocolapa

cocolapa

Setelah itu, santan diaduk hingga menjadi seperti krim. Dan siap dimasukkan ke dalam tabung berdiameter kurang lebih 5-10 cm dan diputar hingga 180° selama 30 menit. Dengan begitu krim santan tadi akan terpisah dengan minyaknya.

cocolapa

cocolapa

Kemudian dilanjutkan penyulingan minyak, lalu minyak yang sudah disuling dimasukkan ke dalam botol kemasan, siap pelabelan dan siap dipasarkan.

Begitulah kira-kira proses pembuatan minyak kelapa dari cocolapa ini. Sudah tertarik untuk menggunakan minyak kelapa juga? Kamu akan lebih tertarik juga setelah tahu manfaat dari minyak kelapa ini, diantaranya melembabkan kulit sehingga membuat kulitmu semakin kencang, mencerahkan kulit juga, mengatasi jerawat, dan membantu program diet kamu.

Kira-kira apalagi ya manfaat minyak kelapa? Kamu pernah/masih menggunakan minyak kelapa? Pernah ke Malingping juga? Duh, banyaknya pertanyaanku.

Planet Namec,
22 Agustus 2017
Kesayangan Kamu.

6 comments:

  1. saya baru ngeh ternyata pembuatan minyak kelapa sesederhana ini, saya kirain waktu diparut ditambahin air. itu pas timbangan kan dapet 11 Kg, nah kalau dah jadi minyak dapat berapa liter mbak, kalau boleh tahu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KANNNNNNNNN.
      PASTI BARU TAU DEH. WAKAKAKAKAKA.

      Delete
  2. Wihhhhh serunyaaaa. Warna coconut oil itu jernih ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penyulingan pertama jernih teh, setelah itu agak dekil. nah yg dekil itu biasanya untuk masakan. kalau yg jenrih untuk rambut atau kulit.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com