Friday, 8 September 2017

Hidup CERDIK dari Kementerian Kesehatan

Mendadak jadi Bloger Kesehatan, tapi masih dengan status Travel and Food Blogger. Sungguh saya bingung bagaimana mengaplikasikan perjalanan saya bersama blogger crony dan Kementerian Kesehatan (KemenKes) ini dalam suatu postingan. Baiklah akan saya coba.

Melakukan perjalanan tidak melulu senang-senang, kadang setelah melakukan perjalanan beberapa kali berdampak sakit. Itulah yang selalu saya hindari. Saya amat sangat menghindari sakit setelah pulang dari tamasya. Alasannya sederhana, jika saya sakit Mama pasti melarang saya untuk pergi dikemudian harinya.

Beberapa hari lalu, saya berkesempatan menjadi bloger kesehatan bersama KemenKes. Mereka (KemenKes) mengajarkan cara hidup sehat, yakni setiap jam 10 pagi dan jam 3 sore diwajibkan melakukan peregangan tubuh dengan cara apapun. Di lingkungan kantor KemenKes melakukan peregangan tubuh dengan cara berjoget ala cuci tangan. Menarik. Kamu harus melihat videonya. Saran saya, jika termasuk orang yang jarang berolahraga kamu dapat mencontoh budaya sehat yang dilakukan KemenKes tersebut disela-sela jam sibuk kamu.


Kemenkes juga mengajarkan dengan cara CERDIK. CERDIK dari KemenKes ini juga mempunyai arti yang mana;
Cek kondisi kesehatan secara berkala
Enyahkan asap rokok
Rajin aktifitas fisik
Diet yang sehat dengan kalori seimbang
Istirahat yang cukup
Kelola stress dalam lingkungan yang kondusif di rutinitas kehidupan.

Saya pribadi sangat setuju pada bagian E (Enyahkan asap rokok). Sungguh sangat mengganggu saya ketika melakukan perjalanan. Bukan hanya membuat polusi udara, namun juga membuat saya merasa sulit untuk bernapas (saya mempunyai masalah dengan pernapasan), kemudian juga membuat rambut bau asap rokok. Biasanya saya langsung marah atau malah menyindir dengan sadar jika ada yang merokok di sekitar saya. Hehehe. Mungkin kalau ada kampanye musnahkan rokok saya berada di barisan tengah kali ya, karena yang berada di barisan depan biasanya polisi dan tentara.

Intinya, setiap saya melakukan travelling, saya juga menjaga pola hidup sehat dalam diri. Saya tahu kapan saya harus beristirahat, saya tahu kapan saya merasa lelah dan letih, sayapun juga tahu kapan saya akan merasa sangat butuh istirahat. Karena yang tahu kapasitas lelahnya tubuh adalah diri kita sendiri bukan orang lain. Yang diajarkan oleh KemenKes sangat benar dan anjuran untuk berolahraga ringan selang beberapa jam juga perlu dilakukan.

Begitu pula ketika hendak melakukan pendakian gunung, saya juga melakukan olahraga fisik lebih berat terlebih dahulu, tujuannya ketika mendaki tubuh fit dan tubuh tidak kaget saat dilakukan aktifitas lebih berat dari biasanya. Olahraga saya lakukan tidak hanya ketika akan mendaki gunung, tapi memang seminggu dalam berapa hari saya rutin untuk lari di lintasan, atau sekedar berenang, maupun skipping. Beberapa orang melihat porsi makan saya banyak, padahal yang saya konsumsi selalu air putih, sayur, dan buah yang lebih banyak ketimbang lainnya. Anak-anak Geng Kuliner Hits biasanya hafal betul apa yang saya konsumsi, lain cerita dengan orang yang baru mengenal saya sebatas “Bena makannya banyak”.
Wah Bena ternyata…
Yha!

Jadi, bagaimana dengan kesehatanmu? Kadar gula ditubuhmu? Kolestrol? Sudah cukupkah berat badan dengan tinggi tubuhmu? Berapa banyak air putih yang kamu setiap hari? Seberapa sering kamu mengonsumsi buah dan sayur? Sudah rajinkah kamu berolahraga?

Dear teman-temanku yang tersayang, kesehatan sangat mahal. Sungguh mahal sekali. Jagalah kesehatanmu selama kamu masih bisa sehat. Salam sehat dari Bena!

2 September 2017,
Burger King Tebet
Kesayangan Kamu.

**

Postingan ini adalah kerjasama dengan Kementerian Kesehatan dalam Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Di media social kamu dapat melihat hashtag #KunLapTik2017 #DukungGERMAS #BloggerKesehatan.

18 comments:

  1. benaaaah setuju banget tuh dgn cek kesehatan berkala. Berasanya kita sehat dan fit tapi setelah medcek eeeh ternyata ada kokesterol lah asem urat lah dll. Cek berkala untuk preventif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanyaaaaa kudu rajin bet medical cek ya kak.

      Delete
  2. btw yang singkatan CERDIK , kurang yang R hemm

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, terima kasih. sudah ditambahkan :)

      Delete
  3. Aku sih makannya dikit, tapi makannya sering makanya terkesan banyak. Wakakakakka

    ReplyDelete
  4. Setujuu, no stres bikin kita lebih sehat paripurna yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEHAT PARIPURNA. YA ALLAH. ITU GIMANA SEHAT PARIPURNA?

      Delete
  5. Hai mba Benaa... dapat salam dari bloger semarang yg kmaren ikut acara barengg

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, sampai ketemu lagi blogger semarang! :))

      Delete
  6. Yip, betul kesehatan itu mahal, alangkah baiknya menjaga pola makan dan olahraga teratur.

    Apalagi kalo jalan dan naik kendaraan, minum harus lebih diperbanyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan. makanya itu harus banget ngejaga pola makan meskipun makan banyak. hihi

      Delete
  7. setuju, tentang kondisi diri kita yang tau ya diri sendiri bukan orang lain. kadang maksain buat nyenengin orang lain, eh ujungnya malah bikin sakit diri sendiri. harus dikurang''in.
    makan sehat, minum banyak air putih, olahraga ringan, kyaknya gue perlu ngelakuin ini juga, biar ga gampang sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aha. sepakat.
      yang penting minum air putih ya.

      Delete
  8. enyahkan asap rokok buat perokok pasif sulit
    kesadaran perokok aktif msh kurang, padahal sudah banyak fasilitas
    kzl

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kalo ada yang ngerokok siram aja pake air. selesai deh perkara :))

      Delete
  9. Iya, kezel bet sama asap rokok. Apalagi di Jakarta. Udah polusi udaranya sungguh sangat. Ditambah asap dari rokok.
    "Mungkin kalau ada kampanye musnahkan rokok saya berada di barisan tengah kali ya, karena yang berada di barisan depan biasanya polisi dan tentara." Ben, gue ngakak di bagian ini. Receh bet :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha. bela kapan enggak receh sih? hahahha

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com