Monday, 23 October 2017

Berkunjung Ke Toyota Manufacturing di Karawang

Enggak pernah kepikiran mau ngapain ke Karawang, ada tempat wisata apa juga di Karawang. Saya ngerasa kalo Planet Namec itu udah jauh banget, ngapain mesti ada lagi planet-planet lainnya. Sudah pernah ke planetarium belum?

tmmni

Seperti yang sudah diketahui oleh khalayak kalau Karawang dan sekitarnya selalu penuh dengan pabrik-pabrik. Bahkan kalau kamu ke Bandung akan melewati kota ini, harus sabar kalau jam kerja, ya. Susah lewatnya. Hehehe. Apasih garing banget. Singkatnya, tempo hari saya main ke Karawang dan berkunjung ke Pabrik Toyota. Selama di sana, saya melihat proses pembuatan mobil. Ya, pabrik yang saya kunjungi adalah plant 1 yang mana hanya melakukan pembuatan 2 jenis mobil, yakni Fortuner dan Innova, lebih tepatnya sejak 2015 belakangan ini.

toyota

toyota

Apa yang menarik dari kunjungan ini?  Kirain mobil yang dibuat ini udah dalam bentuk jadi dan enggak perlu dirangkai lagi, ternyata salah. Ada beberapa tahapan 1) Press; di sini semua besi eh bukan pokoknya semua body mobil dipress sehingga membentuk rangkaian mobil mulai dari pintu, atap, dan body mobil lainnya. 2) Welding; setelah dicetak, dilas biar lebih halus dan enggak ada bahan yang lebih yang mana akan lebih efisien. Pada bagian ini, akan banyak api-api gitu dan yang enggak kalah menarik ada robotnya juga. Takjub sih ngeliat robot-robot itu ngelas body mobil. 3) Painting; untuk mengecat semua body mobil, ruangan harus terhindar dari debu agar supaya body mobil lebih bagus dan mengkilat. Enggak sembarangan orang juga boleh masuk ke ruangan painting. Katanya harus menggunakan atribut yang super duper lengkap untuk menghindari debu yang masuk. 4) Perakitan; setelah semua body dicat, body mobil dijadikan satu, dirangkai setiap kerangka mobilnya. Awalnya hanya potongan-potongan saja, tapi tahu-tahu jadi kendaraan roda empat yang bisa jalan. Sungguh wow. 5) Inspeksi; setelah dipasang enggak lupa untuk dicek, percuma sudah dipasang tapi ternyata mobilnya enggak bisa jalan. Oleh karena itu, perlunya pengecekan pada setiap bagian mobil apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum, baik pengecekan luar dan dalam. Power steering juga dicek, apalagi rem pokoknya semua yang menjadi kesatuan dengan si mobil tersebut dicek dan enggak terlewatkan satupun deh.


toyota


toyota

toyota

Setelah semua selesai, maka mobil akan keluar setiap 1,5 menit. Dan tahukan berapa lama pembuatan untuk 1 mobil? 22 jam jawabannya. 1 mobil membutuhkan waktu selama itu.

toyota

Yang lebih menarik dari kunjungan saya ke Toyota Motor Manufacturing Indonesia kemarin adalah mereka sedang memproduksi mobil dengan setir sebelah kiri. Pas saya tanya, mereka menjawab sedang memproduksi mobil untuk Manila dan Arab Saudi. Agak terkejut sih, karena saya pikir setiap negara memproduksi mobilnya sendiri-sendiri seperti yang dilakukan negara India, eh, India masih produksi mobil sendiri untuk digunakan di negara sendiri, kan, ya? Hmm, jadi mengangguk-angguk.

Kalau saya ke Karawang lagi, baiknya tempat wisata mana yang saya kunjungi? Kemarin saya juga sempat mencicipi makanan di Telaga Desa apalah itu namanya, sayang… sungguh sayang… rasa makanannya B aja untuk saya. He he he. Tapi untuk view  bolehlah. Tetap terima kasih pada mobil123 karena sudah mengajak saya berkunjung ke Toyota Manufacturing :)

Planet Namec,
23 Oktober 2017
Kesayangan Kamu.

14 comments:

  1. ke planet namec mau ngapain? ketemu piccolo atau son go ku? ^_^

    tahapan dari press, welding, painting, perakitan, hingga inspeksi membuktikan setiap mobil yang diproduksi Toyota sudah melewati proses yang ketat
    ga heran kalo Toyota itu jadi produsen mobil dengan penjualan terbanyak secara global
    Indonesia salah satunya, dengan menyumbang beberapa merek seperti yang di TMMIN 1 dengan Fortuner dan Innova

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas ngetik lagi di planet namec. ahahahhaa.

      iya bener, pantesan aja harga mobil toyota melonjak bener ya..

      Delete
  2. eh diekspor ke Filipin juga
    aku mau satu dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya allah, gue juga mau, bukan satu tapi. 2.

      Delete
  3. Kok gak ada foto pas Bena lagi naik bembemnya?

    ReplyDelete
  4. Ben ada typo tuh hihi inspeksi bukan inpeksi
    Kok gak foto sama mobilnya sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah di revisi. Makasih ya bimaaaaa.

      Delete
  5. Seru ya Ben. Lihat pabriknya juga lihat prosesnya yang bertahap dan sangat detail.
    Untung saja gak ada pegawainya yang sedang kerja fokus ke Bena. Bisa gak konsen mereka hahaha

    ReplyDelete
  6. Aku kira Bena bawa pulang Fortuner. Kalau iya, aku pengen nebang sering-sering :))

    ReplyDelete
  7. itu di gambar kelima.. yang lempengan lempengan bodi mobil ditumpuk kayak kertas yak hahahaa

    Eh biasanya abis event aku dapet hampers gitu. Bena abis kesini ga dapet mobil?

    kemudian di tabok .

    Haha

    ReplyDelete
  8. Aseeek, nambah lagi mobil di bagasi... Wkwkw

    ReplyDelete
  9. Mauku juga gitu hanum :((( tapi apa boleh buat. Besok baru tiba itu fortuner, karena dikirim langsung bukan dibawa pulang.

    ReplyDelete
  10. ini trip yang aku minta oleh2 sample fortuner ga dibawain itu ya ? #ngambek

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com