Friday, 13 May 2016

[Kuliner] Tomyam Kelapa Kuliner Ala Indonesia


Tomyam kelapa atau yang biasa dipanggil dengan sebutan tomyum adalah salah satu makanan dari Thailand nan jauh disana. Makanan ini berupa sup yang berisi seafood dengan rasa pedas dan asam ini berhasil menjadi salah satu kuliner yang masuk ke Indonesia. Beda dengan tomyum ala Thailand. Tomyam kelapa ini diisajikan dengan unik dan menarik, kenapa? Karena tidak lagi mengunakan panci panas atau mangkuk. Tapi menggunakan buah kelapa.

Ajakan Mas Baha (tapi saya panggil Om Baha) untuk saya mengunjungi warungnya beberapa kali saya iyakan namun tak sempat juga untuk bertandang. Hingga akhirnya saya pergi bersama sekumpulan para pria aneh dari Imaji Khatulistiwa Nusantara.  Dengan penuh semangat Bekasi Tangerang saya lalui dengan kereta listrik ala Indonesia (read : commuterline). Bertemu dengan Stephanus di stasiun Jurang Mangu yang kemudian melintas langsung ke Villa Bintaro Indah Tangerang Selatan. Warung Tomyam Kelapa ini mudah ditemukan karena terletak di depan komplek perumahan.

Warung tomyam kelapa yang pada saat itu libur terpaksa harus dibuka oleh Om Baha karena kedatangan kami bertiga. Ya, saya tidak berdua dengan Stephanus tapi bertiga bersama Allan sang videographer.


Ide Om Baha untuk membuka warung tomyam kelapa ini terbilang menarik bahkan menarik sekali. Tomyam yang disajikan dalam batok kelapa membuat para penikmat kuliner bertanya-tanya. Buah kelapa dan seluruh isinya dijadikan sumber olahan dari pembuatan tomyam kelapa. Mulai dari batok kelapa yang mana menjadi mangkuk dari tomyam, kemudian air kelapa yang mana menjadi kuah dari tomyam dan dipercaya sebagai penetralisir buat kamu yang alergi seafood seperti Stephanus, selain itu buah kelapa yang di keruk beberapa lapis sebagai isi dari tomyam. Rasa pedas dan asam begitu kental dan terasa dalam setiap suapan. Potongan batang serai yang digunakan sebagai pengaduk juga menjadi menarik untuk di toleh karena selain sebagai hiasan ternyata serai juga dipercaya bisa mengobati flu dan masuk angin, kecuali masuk rumah mantan.


Tomyam kelapa ini sudah berjalan selama satu tahun terakhir dan telah berhasil menjadi salah satu kuliner yang paling nikmat sepanjang per-tomyam-an. Dapat dikatakan tomyam kelapa ini pertama kali di Indonesia dan Om Baha menyakini hal itu.

Harga dari tomyam kelapa ini juga variatif, tergantung dari pilihan rasa yang kamu sukai. Asal jangan suka sama aku. Mulai dari 25ribu rupiah, kamu yang doyan kuliner sudah bisa mencicipi tomyam kelapa ini. Yang tersedia di warung ini bukan hanya tomyam kelapa sebenernya, tapi ada kwetiaw, mie ayam tomyam dan lainnya. Harganya? Kamu bisa liat sendiri di buku menunya. Jangan pernah ragu untuk datang ke Tomyam Kelapa, Karena kamu enggak akan menemukan kekecewaan. Kecewamu hanya ada karena pacarmu tidak mengajak pergi ke Tomyam Kelapa.



By the way, kemarin saya, Stephanus dan Allan membuat video aneh dan ya gitu deh. Boleh di cek dan dikomen serta di subscribe ya. Hehehe.


Armada dari Tomyam Kelapa


Tomyam Kelapa
Berada di Warung Saung Ibu
Jln. Sulawesi Raya no. 19 08/11
Jombang-Ciputat
Tangerang Selatan


10 comments:

  1. ben mau dong jadi talent di videonya

    ReplyDelete
  2. Stephanus yang alergi seafood setelah makan tomyam kelapa gimana?

    Masih kah merasakan gatal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh, si han han ngga alergi katanya. jadi aman. beneran kelapanya berpengaruh. hahaha. makasih om baha, jadi ngga susah deh ngurus anak bewok unyu itu. hahaha

      Delete
  3. oalah...tomyam tu kayak gitu ya berna...hihhi..baru tau...bisa kirim kirim ga.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu tomyam kelapa versi tangerang sih. hehe. bisa kok kirim2, coba aja langsung kontak di facebook House Of Tomyam.

      Delete
  4. Pengen nyobain tp jauh, yo wes lupakan saja

    ReplyDelete
  5. Ini tom yum kelapa yang fenomenal itu ya mba :D. Temenku saking penasarannya sampe bela-belain kesana dari Bogor hihi. Sayangnya aku di Medan, jauh :(. Ntarlah icip kalo pas ke Jkt :D.

    ReplyDelete
  6. Rasanya gimana yah, gue kok liatnya jadi enek.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :)
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com