Wednesday 26 October 2016

M’batik di Kampung Kauman

Rasanya kurang pas kalau pergi ke Solo nggak mampir ke Kampung Kauman. Kampung Kauman, surganya batik. Kampung Batik Kauman Solo ini agak susah lokasinya kalau menurut saya, karena saya sibuk melihat hasil video pada kamera sewaktu diantar oleh Tim Management Best Western Premier Solo Baru.

batik tulis

Jadi, singkatnya saya berkunjung ke Batik Gunawan Setiawan yang berada di Kampung Batik Kauman. Batik-batik tulis asli dengan kualitas daebak dan harganya yang superior telah berhasil membuat saya menganga selebar-lebar dan rasanya mau buka dompet mama aja.

batik solo

batik solo

Saat masuk ke dalam Toko Batik Gunawan Setiawan ini ada meja bundar kecil dan disediakan welcome drink berupa jamu beras kencur dingin, welcome snack kayak brem tapi bukan brem eh gimana dong? Dan beberapa aksesoris wanita seperti dompet dan tas. Kemudian di ruangan selanjutnya terdapat koleksi pakaian batik pria dan ruang ganti. Di ruangan ketiga akan ada helaian kain batik yang bisa kamu beli dan kamu jahit sesuai selera serta beberapa benda kuno seperti radio, setrika, congklak dan lainnya.

kauman solo

kauman solo

Lalu saat kamu ke ruangan samping kanan, kamu akan bertemu kasir dan beragam aksesoris, baju untuk ukuran anak kita. Kemudian di belakang kamu akan menemukan berbagai macam pernak pernik wanita bangetlah, mainan dari kayu, dan KAMU BISA LANGSUNG MELIHAT LANGSUNG PROSES PEMBUATAN BATIKNYA! Daebak banget sik toko batik ini. Bahkan kamu bisa praktek langsung atau coba-coba m’batik.

kauman solo

kauman solo

batik cetak

Katanya, presiden Joko Widodo sempet beli baju batik di sini juga dan ngasih untuk yang apalah aduh, saya lupa. Kamu mau nambahin? Di kolom komentar ya. Terima kasih, lho sebelumnya.

Disekitar kampung Kauman ini nggak cuma batik, lho, yang bisa dilihat. Karena katanya terdapat bangunan bersejarah berupa rumah joglo, peninggalan kolonial, bangunan Kolonial dan Jawa, limasan, langgar dan masjid. Hanya saja kurang informasi untuk menjelajah lebih dalam, lagipula waktunya sangat singkat sekali. Esok pasti jumpa.

kauman solo


Kalau kamu ada waktu dan mau nyicipin es beras kencur dingin sama cobain camilan khas Solo, bisa langsung ke Jalan Cakra, Kauman, Solo. Aha aha aha.

2 comments:

  1. Wah jadi pengen ke sana deh, Ben.







    Buat nyobain snack dan welcome drinknya. Gratis kan? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakkka. gilak :)))
      beli batiknya juga, tapi jangan beli penjual batiknya apalagi mbak mbak kasirnya.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com