Friday, 21 October 2016

Nasi Buk Khas Madura di Malang

Saya sendiri bingung dengan judul pada postingan kuliner kali ini. Jadi saya diajak Mas Rizki sewaktu berhari-hari di Malang untuk mencicipi Nasi Buk pada sarapan hari ketiga eh apa hari kedua ya? Ya, pokoknya sarapan lah, katanya Mas Rizki sudah kebingungan mau mengajak saya makan apa lagi. Lalu menyarankan untuk sarapan Nasi Buk.

Nasi Buk ini berada di dekat Stasiun Malang Kota Baru. Kalau kamu ingin mencicipinya, kamu cukup berjalan ke arah kiri kemudian akan bertemu pedagang helm, dan yak sedikit lagi sedikit lagi, jalan sedikit lagi. Sampai deh di tempat Mbuk Siti. Yay! Selamat ya.

nasi buk

Kenapa namanya Nasi Buk? Katanya nih ya, katanya karena yang jual orang Madura. Di Madura Buk itu artinya Ibuk. Mungkin warga Madura kalau memanggil ibu dengan sebutan ibuk atau kemudian pindah ke Jawa jadi ada awalan M lalu Mbuk, Mbiyen, Mbengei, dan awalan M lainnya. Mungkin. Malahan tak kiro nasi sing masak ne digebuk i.

nasi buk

nasi buk

Nasi Buk Siti ini udah terkenal dan terlampau lama banget, sebentar saya lihat catatan dulu...
Dan saya lupa melanjutkan tulisan karena sibuk membuka grup wwf. Jadi Ibuk Siti ini sudah berjualan sejak umurnya beranjak 14 tahun dan kini sudah berumur 70 tahun. Wah! Dulunya Buk Siti berjualan di dekat hotel klenteng. Entah ini di mana, saya juga tidak tahu persis. Gilak! Diumur 14 tahun idup gue lagi asik main farmville dan baca komik conan.

Satu porsi Nasi Buk ini berisi...
Ada sayur nangka (kalau di Malang namanya sayur tewel), kemudian serundeng, peyek, dendeng, mendol (tempe yang diremet), lauknya bisa jeroan sapi, jeroan ayam, ayam, ceker, kepala ayam, kepala kamu ingin saya penggal.

nasi buk

nasi buk

nasi buk

nasi buk

Harganya yang murah luar biasa membuat saya lupa diri untuk memesan makanan. Ehe ehe ehe. Biasanya Buk Siti menjual 1 porsi seharga 15 ribu dengan 1 lauk, tapi saya memesan 2 lauk, jadi harga yang harus saya bayar adalah Rp 20ribu sudah dengan segelas es teh manis :3
Aha aha aha.

nasi buk

nasi buk

Jadi kalau kamu kecapekan naik kereta kemudian bingung mencari sarapan apa, bisa berkunjung ke Nasi Buk Siti yang dibantu oleh anak laki-lakinya berjualan. Cepetan ya keburu tutup. Selamat berkuliner :)

nasi buk

Malang,
30 Agustus 2016
Kesayangan Kamu

4 comments:

  1. awalnya sya kirain kmu berpindah destinasi dari malang ke madura, eh tau2nya masih di malang.. Ah, ini malah dua porsi gede dapat 20 ribu ? ya Allah...murahnya minta ampunn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan rei bukan...
      ini lauknya 2 jadi harganya 20 ribu.
      kalau lauknya 1 harganya 15 ribu.
      kemarin saya makan paru goreng dan babat.
      ehe ehe ehe. makanya harganya jadi 20 ribu sepiring nasi.

      Delete
  2. saya pernah mampir kesini dan selalu nanya ke suami (yang asli Malang) apaan nasi buk? tapi jawabannya gak meyakinkan (saya malah udah lupa dia jawab apa). Mungkin karena dia pikir saya sudah pasti bisa menghubungkan kata 'Buk' dan 'Mbuk' pada tulisan, tapi saya mah nggak nyambung orangnya
    Akhirnya sekarang terjawab.
    Terimakasih
    Terimakasih
    Terimakasih
    Terimakasih
    Terimakasih
    (Karena lama banget penasarannya, jadi terimakasih juga banyak2 :D)

    ReplyDelete
  3. Wahhh gue malah belom pernah nyobain itu :( ntah kenala kalo masakan madura selalu enak. Udah nyobain nasi bebek madura belom ben?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com