Friday, 20 January 2017

8 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Brebes

Brebes memang bukan kota, melainkan kabupaten, ya, kabupaten yang berada di sebelah Utara Jawa Tengah perbatasan antara Jawa Barat (Cirebon) dengan Jawa Tengah (Brebes). Kabupaten yang seringnya dilalui oleh para pemudik setiap penghujung mudik tiba. Pemudik yang ingin melakukan perjalanan ke Jawa Tengah, Jawa Barat pastinya akan melewati kabupaten ini.

wisata brebes

Brebes, memang jarang sekali ditengok. Lebih-lebih banyak yang tidak tahu ada hal yang begitu menarik di daerah yang penuh dengan telur asin ini. Bahkan, saya sendiri hanya lewat dan mampir membeli telur asin. Dan perjalanan saya di awal tahun ini sangat menarik. Brebes menjadi destinasi awal tahun yang menyenangkan secara mendadak. Lalu apa saja yang sebenarnya ada di Brebes? Mau ngapain saja di Brebes? Berikut hal-hal yang bisa kamu jadikan referensi untuk menyambangi kabupaten telur asin ini.

1.    Makan Sate Kambing Muda di Warung Makan Ibu Sri

kuliner brebes

Kalau kamu naik kereta untuk Brebes, maka akan turun di stasiun Cirebon dan akan melanjutkan perjalanan naik kendaraan umum atau naik mobil pribadi atau naik mobil penjemputan, tak ada salahnya untuk mampir ke warung makan Ibu Sri di Jalan Slatri, persis dipinggir jalan. Tapi, kayanya kalau naik kendaraan umum kamu nggak bisa berhenti disembarang tempat deh. Ya, sudahlah, ya.

kuliner brebes

kuliner brebes

Warung makan ini menjual sate kambing muda, sop kambing, sate ayam, nasi putih, es jeruk, es teh manis, teh manis hangat, dan air putih. Kenapa kambing muda? Karena yang muda lebih menggairahkan. Masih kenyel, masih waw lah pokoknya. Om aja sukanya sama daun muda. Pecinta drakor aja sukanya sama siapa tuh namanya yang jadi Goblin di film Goblin?

2.    Mengunjungi Petani Bawang

wisata brebes

Harus banget berkunjung ke Petani Bawang? HARUS!
Brebes selain dikenal dengan telur asinnya, juga dikenal dengan bawang merah. Brebes menjadi penghasil bawang merah yang paling besar. Bawang merah menjadi varietas unggul di sini. Fyi, setiap bulan Juli dan September di Brebes muncul angin kumbang dan angin ini mempunyai keunggulan tersendiri untuk bawang merah, yakni mengusir hama dan menjadikan bobot bawang merah menjadi lebih baik (lebih besar daripada bulan lainnya.)

wisata brebes

wisata brebes

Dari para petani bawang juga dapat mempelajari bahwa menanam bawang merah itu tidak mudah. Kenapa? Karena harus dipotong tunasnya, kemudian didiamkan, diberikan obat, lalu ditanam dengan jarak sekitar 4 cm (biasanya yang menanam kaum hawa, sedangkan kaum adam mencangkul), kemudian akan di panen sekitar 60 hari, lalu dibersihkan. Jadi, wajar saja bawang merah sangat mahal harganya belakangan ini. Kamu penikmat bawang goreng? Saya juga. Berarti kita jodoh?

3.    Edukasi di Pengrajin Telur Asin

wisata brebes

Sebenarnya saya sudah tahu sih bagaimana cara membuat telur asin, sewaktu saya masih kecil, mama sempat membuat telur asin dan saya sempat membantunya. Dan apa yang saya pelajari serta praktek dari mama nggak jauh beda dengan proses pembuatan telur asin di Brebes ini.

Eh, sebentar. Kamu mau praktek bikin telur asin juga? Duh, postingan ini lengkap banget dong ya? Ada tutorial bikin telur asin segala. Hashtag dulu lah biar hits, #TutorialMembuatTelurAsin

Alat dan bahan :
-      Telur bebek
-      Sekam
-      Bata merah (sudah dihaluskan, sehalus sentuhan kulit ketika bertemu)
-      Garam
-      Abu gosok

Cara membuat :
Cari baskom, tuang bata merah yang sudah dihaluskan, garam (garam yang digunakan oleh pengrajin telur asin dari laut, jadi, sudah melalui proses pengkristalan) dan sekam. Aduk rata hingga mengembang (ya, nggak bisa ngembanglah kan nggak ada baking soda.) Telur bebek dibalur dengan adonan sebelumnya. Dibalurnya tipis saja ya, karena kalau terlalu tebal akan asin. Setelah itu, tuang abu gosok sedikit dan balurkan kembali. Setelah selesai, diamkan telur bebek selama kurang lebih 15 – 20 hari. Bersihkan baluran yang sudah kering tersebut, cuci, kemudian rebus hingga 6 jam. Hidangkan. Selamat menikmati :9

wisata brebes

Sekarang, telur asin sudah banyak inovasinya, mulai dari telur asin rebus, telur asin bakar, telur asin panggang, telur asin asap. Bedanya? Telur asin rebus tentu agak basah, sedangkan lainnya lebih kering. Tapi, keduanya tetap enak. Namun, yang menjadi idola di rumah adalah telur asin rebus!

4.    Silahturahmi dengan Peternak Bebek

wisata brebes

Jangan heran kalau di Brebes banyak sekali peternak bebek dibanding dengan daerah lainnya. Seperti yang saya ceritakan di paragraph 2, kalau Brebes ini terkenal dengan telur asin. Peternak bebek, Pak Abdillah bilang kalau bebeknya dikeluarkan dari kandang setiap pagi, kemudian dikembalikan lagi ke kandang.

Katanya, bebek juga bisa sensitif, kirain cuma orang aja, ternyata bebek juga. Bebek kalau di kejar langsung stress dan nggak mau bertelur. Kamu kalau di kejar malah diem aja, giliran aku diem malah kamu kejar terus bertelur. Hm. Gampang ya bikin kamu bertelur. Belajar dari bebek, ya.

5.    Menjelajah Mangrove Kaliwlingi

wisata brebes

Entah kenapa saya mau mengatakan bahwa kamu harus banget menjelajahi mangrove ini! Selama saya berkeliling ke tempat wisata mangrove, mangrove Kaliwlingi lah yang membuat saya bilang
“CAPEK BANGET! NGGAK KELAR-KELAR. UJUNGNYA MANA SIH?”
Ya, jelajah mangrove saya saat itu diselimuti oleh hujan rintik-rintik dan sudah menjelang magrib. Jangan harap ada sunset, ada cahaya saja sudah syukur.

wisata brebes

Menurut cerita, mangrove Kaliwlingi di Desa Wisata Pandansari ini mempunyai cerita unik…
==
Dahulu kala, jajaran perairan itu adalah daratan yang kemudian dijadikan tambak oleh penduduk. Namun, pembuatan tambak yang hiperbola itu mengakibatkan abrasi laut. Lalu ada Pak Rusjan, yang katanya mengajak para penduduk untuk menanam mangrove tapi disepelekan dan tetap berusaha menanam mangrove, setelah merasakan manfaatnya akhirnya penduduk mau menanam mangrove dan desa ini kembali. Hutan mangrove yang mempunyai luas lebih luas dari kasih sayang kamu sama aku ini benar-benar menjadi wisata paling epic dan wajib banget kamu kunjungi.
==
Untuk mengunjungi hutan mangrove kamu diperkenankan naik kapal motor dan siap jelajah mangrove Kaliwlingi!

6.    Mengintip Pembuatan Batik Salem

batik brebes

Batik Salem atau mungkin lebih dikenal dengan motif batik Brebesan yakni menggunakan unsur motif bebek, bawang merah, kopi, rantai, sinar matahari dan lainnya.
==
Menurut cerita, dulunya ada kunjungan dari putri pejabat Pekalongan yang datang ke Salem. Entah gimana ceritanya sang putri jatuh cinta sama pemuda asal Salem dan menikah lalu menetap di Desa Bentar.
==
Bahan-bahan untuk membuat batik juga terbilang unik, karena dibuat dari bahan-bahan alam, yakni daun mangga, daun jambu, kulit mahoni dan lainnya. Kain yang digunakan berbahan dasar kain mori.

7.    Menyambangi Bukit Panenjoan

wisata brebes

Selain mangrove Kaliwlingi, ternyata Brebes juga punya Bukit Panenjoan. Bukit ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa asri dan DAEBAK! Di bukit Panenjoan ini kamu bisa menikmati alam dengan terbuka dari berbagai sisi, mulai dari sisi kursi bambu, ayunan, dan gardu pandang. Ada baiknya pemandangan ini kamu liat saat pagi hari, karena sunrise-nya akan lebih dapat. Bukit Panenjoan ini masih baru, jadi masih sangat asri untuk dikunjungi.

Namun, saat saya berkunjung ke sana, sedang hujan, jadi saya tak sempat mengabaikan moment, tapi terkenang di mata dan hati. Cie.

8.    Menjelajah Kalibaya Park

wisata brebes

Last but not least, Kalibaya Park. Hehehe. Hehehe. Saya mendadak hilang konsentrasi saat menulis ini. Hahaha. Oke fokus!

wisata brebes

Kalibaya Park ini terbilang baru di dunia pariwisata Brebes, katanya baru 2016 kok. Kalibaya terletak di puncak gunung Lio. Yang ditawarkan dari Kalibaya tentunya, pemandangan alam yang terhampar luas, kemudian gardu pandang, ayunan angkasa, offroad, outbond, dan masih banyak lainnya.

wisata brebes

wisata brebes

Di Kalibaya ini saya sempat merasakan ayunan angkasa itu, dan melihat beberapa kali waduk dan hamparan hijau dari ketinggan, lalu merasakan ENAKNYA DI DALEM MOBIL LEWAT JALAN YANG HANCUR DAN AMBURADUL. Saya sempat menemukan kerbau liar yang di beredar di sekitar jalanan offroad.

wisata brebes

Nah, itulah 8 hal yang bisa lakukan di Brebes yang katanya isinya cuma bawang dan telor asin doang. Kamu salah, sayang. Salah banget. Jadi, kapan kita jalan-jalan lagi? Sudah tertarik untuk berkunjung ke Brebes? Atau tertarik sama yang nulis postingan ini? Hm, sudah kuduga.

Saya sempat membuat video sewaktu jalan-jalan ke Brebes, kalau kuotamu banyak atau lagi ditempat yang ada wifinya boleh, lho nonton video ini.


Bogor lagi meeting,
18 Januari 2017
Kesayangan Kamu.

26 comments:

  1. wah ternyata banyak spot dan kuliner enak di brebes, kirain disana cuma ada telor asin aja #kemudianditampar

    ReplyDelete
  2. Nice one! Next hunting kuliner kemana kitaaaah? ;)

    ReplyDelete
  3. Pas nge-trail kok gw gak ketemu kebo yaaaa. Padahal pengen liat kebo lari-larian lagi :(

    ReplyDelete
  4. Yaaaaaaa ituuu ayunan angkasa? Hahahahahahahahaha ekspresinya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚kek naik bis paling belakang, lalu ada turunan.
    Ka ben praktek bikin telur asin disana? Ada niat buat prosuksi telur di jakarta gak?๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  5. Wisata ke Brebes bs sekalian study tour ya. Ada banyak tempat ngilmu dan prktik yg keren.

    ReplyDelete
  6. Waaah...ternyata di Brebes ada tempat yang bagus ..
    Selama ini, saya hanya lewat aja, kalau mau ke Jawa Tengah. Jadi pengen berkunjung ke Bukit Panenjoan dan Kalibaya Park...tempat yang menarik, ya...

    ReplyDelete
  7. Lihat ayunan angkasanya ngeri euy! hehehe..

    ReplyDelete
  8. Wah.. banyak juga yang menarik dari Brebes ya. Hutan mangrovenya bikin pengen. Dan.. ayunan angkasa, apa rasanya tuh mbak?! asik bener sepertinya.

    ReplyDelete
  9. Bawang merah dan telor asin mBrebes emang tiada duanya :D

    ReplyDelete
  10. Brebes juga punya tempat keren, suka yang tempat alamnya. Kalau tak lihat fotonya kayak di Paralayang. Bdw vlog mbak pakai edit aplikasi apa mbak?
    O ya salam kenal dr Batu, Jatim :)

    ReplyDelete
  11. Aihhhh batiknya bagus. Aku suka warnanya. Etapi kok kak bena ngga ada adegan makan telor asin sih? Hehehehe oleh olehnya apa kak ben?

    ReplyDelete
  12. Ya Tuhan, beben gilak, itu waktu main ayunan pasti perasaannya tengah diombang-ambing. Bikin hati pembaca miris, ngeri plus..sayang kamu sih ��

    Bekgronnya suka tuh yang pas kamu dipasangin sabuk pengaman(?).. Sejuuk

    ReplyDelete
  13. Brebes? Yang gue inget cuma fenomena pas mudik kemaren. BREXIT! Lo gak poto tempat macet kemaren? haha

    ReplyDelete
  14. BHAAAKS! Sempet-sempetnya bawa Goblin! Mak Ben, Mak Ben! Ngahahaha.

    Seru banget makan yang muda-muda, mengunjungi petani penanam merah-merah (bawang merah maksudnya). Aku paling mupeng sama yang mengunjungi mangrove itu. Seruuuuu kayaknya, Mak Ben. Yuhuuuu~

    ReplyDelete
  15. sate sama sopnya bikin laper kak Benaaa ngabibita, bawang merahnya montok ih, jadi pengen bikin bawang goreng nih :D

    ReplyDelete
  16. Brebes seru bangeeet! :D
    Tapi kayaknya saya harus melewatkan ayunan angkasanya, gak kuaaat~ :'))

    ReplyDelete
  17. Gak banyak kuota dan gak di tempat ber-wifi, jadi gak nonton videonya.

    ReplyDelete
  18. Brebes keren banget ihh..
    Gue pengen nyoba juga itu ayunan angkasa.. keren kayanya.

    Btw gue pikir telur asin itu dibuatnya cuma rebus telur dalam garam XD

    ReplyDelete
  19. Bukit Panejoan tuh, keindahannya bagus bgt kak ben.. Lagi hits di kalangan anak muda tegal, purwokerto dan sekitarnya..

    ReplyDelete
  20. Jadi di Brebes gak cuman telor asin sama bawang merah doang ya ?

    Ikut dong jalan-jalan keknya seruu...

    ReplyDelete
  21. Baru tahu kalo ada mangroveee. Hahaha biasanya emang kalo mudik lewat situ, terus seneng ngeliatin orang2 nanem bawang. Bisa buat bikin ketoprak sebulan. :))

    ReplyDelete
  22. gile itu muka kaga ke kontrol banget wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  23. Sepanjang menyusuri jembatan di hutan mangrove, bena cuma "Buruan napa ini panjanga banget, kaki bena udah capeek pengen cepet-cepet sampe hotel terus mandi" Hahahaha

    ReplyDelete
  24. Eh, baru tahu loh.. Kalo batik salem itu motifnya berunsur bebek, bawang merah, kopi, rantai, sinar matahari. Tapi masih enggak paham, bebek sebelah mananya. Hahahaha..

    ReplyDelete
  25. Belum pernah ke Brebes. DAn info ini berguna banget kalau suatu saat ke sana. Thanks Bena :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com