Friday 28 October 2016

Menyikapi Hari Sumpah Pemuda

Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kesayangan Kamu!
Ada banyak cara untuk menyikapi Hari Sumpah Pemuda. Cara yang hiperbola, cara yang elegan, atau cara yang biasa aja. Kamu termasuk yang mana? Sebelum lebih jauh, apa arti Sumpah Pemuda bagi kamu? Apa yang sudah kamu lakukan?

sumpah pemuda

Dulu, sewaktu masih kecil Hari Sumpah Pemuda yang saya lakukan hanyalah menonton kartun detektif conan, kindaichi, tsubasa, chibi maruko chan, nyemil jetset, chiki, agar-agar dan hal lainnya. Melakukan hal begitu saja sudah PEMUDA banget. Eh, pemudi deng. Beranjak ke Sekolah Menengah Pertama, yang dilakukan adalah berimajinasi membuat mading, kemudian hadir ke Museum Wayang untuk pagelaran gamelan dari sekolah. Pemuda pemudi sekali, bukan? Lain SMP lain SMA, semasa SMA pada hari Sumpah Pemuda saya lebih asyik pacaran, kongkoan sama genggong, ketawa-ketawa, pulang larut malam. Eh, tapi ikutan beberapa cerdas cermat juga sih. Sungguh masa muda yang ya gitulah. Kelak anak saya menjadi pemuda pemudi seperti apa ya... Hm.

sumpah pemuda

Sejak mendekatkan diri untuk travelling dan kuliner saya jadi punya jiwa pemudi yang berbeda. Terutama saat jalan-jalan ke kota yang penuh dengan culture budaya. Saya jadi berusaha untuk tahu dan belajar, terlebih lagi Indonesia mempunyai budaya yang berbeda-beda pada setiap daerahnya. Keingintahuan itu yang membuncah dalam benak saya, membuat saya untuk nggak berhenti explorer Indonesia. Nggak hanya itu. Dunia travelling juga membawa saya sampai pendakian gunung dan masuk organisasi. Pendaki Nusantara. Dalam organisasi tersebut jabatan saya sebagai bendahara. Wah. Dalam postingan kali ini saya ingin menjabarkan tentang beberapa komunitas dan organisasi yang bersangkut paut dengan saya.

- Pendaki Nusantara
Organisasi pendaki. Entah saya hadir darimana. Jabatan saya saat itu menjadi Humas. Mengajak orang-orang untuk bergabung dalam organisasi kami, terlibat dengan beberapa organisasi dan komunitas lainnya dalam bentuk sosial, budaya, penghijauan, bantuan dan lainnya.

Lalu hal apa saja yang pernah dilakukan oleh organisasi ini dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda? Banyak sekali. Tapi saya tidak akan menyebutkan, terkesan riya. Ehe ehe ehe. Kami sudah banyak melakukan banyak hal yang bersifat positif baik dari internal maupun eksternal yang tergabung dengan komunitas lainnya.

- Warung Blogger
Ini bukan organisasi, tapi lebih ke komunitas. Komunitas blogger. Semua blogger dari Sabang hingga Merauke berkumpul menjadi satu di sini. Komunitas ini mempunyai tema di setiap harinya, salahnya di hari Senin. Senin para blogger di grup whatsapp ini sangat dianjurkan menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah-kaidah yang terdapat dalam kamus besar bahasa Indonesia. Jika ada yang melanggar lebih dari 3 kali, tentunya akan ada sanksi. Saya pernah melakukan -_- dan saya menyelesaikan sanksi saya melarang dan menunggu kesayangan kamu.

Komunitas Warung Blogger ini menyikapi Hari Sumpah Pemuda dengan cara yang unik. Beberapa anggota menuliskan tentang apa-apa saja di Hari Sumpah Pemuda, seperti saya ini contohnya...

- W-buy
Ini pun saya bingung mau saya kategorikan dalam organisasi atau komunitas. Karena w-buy sendiri tidak memiliki makna yang mendalam. Bahkan tak berarti apa-apa. W-buy yang beranggotakan 4 orang termasuk saya di dalamnya lebih banyak membahas mengenai penulisan yang baik dan benar yang tentunya sesuai dengan kbbi, persepak bola, terkadang membahas politik yang mungkin bisa dihitung jari.

Geng ini menyikapi Sumpah Pemuda dengan belajar lebih giat agar Ujian Terlalu Serius berjalan lancar, pendakian ke Gunung Sumbing sempurna, tulisan paid post dibayar, adanya pertandingan bola, malam minggu nanti. Huft.

- Jong United
Komunitas positif yang didukung oleh opini.id ini telah berhasil membuat saya ter-aw! Pasalnya komunitas ini seperti me-reborn Sumpah Pemuda. Kalau Sumpah Pemuda dahulunya mempunyai misi untuk mempersatukan pemuda Indonesia yang terpecah belah karena suku dan daerah, Jong United lebih bermaksud untuk membuat para pemuda dan pemudi penerus bangsa ini menjadi lebih peka dan berkontribusi pada kemajuan bangsa. Banyaknya pemuda pemudi yang apatis pada bangsa, membuat Jong United menjadi tergerak pada kemajuan bangsa, karena melalui pemuda pemudi harapan untuk Indonesia lebih baik menjadi lebih bermakna dan berarti. Biar nggak cuma slogan talk less do more. Beragam kegiatan yang dilakukan Jong United banyak sekali, berupa video yang di upload ke youtube dengan berbagai tema.

sumpah pemuda

Jadi bagaimana kamu menyikapi Hari Sumpah Pemuda? Bagaimana komunitas atau organisasi kamu menyikapi Hari Sumpah Pemuda? Kemudian saya bingung ingin mengetik apa lagi. Saya kepikiran suatu hal yang mengganggu hingga 3 minggu ini. Duh! Malah curhat. Hiks. Beqlah. Semangat! Karena hari ini Hari Sumpah Pemuda, berbuatlah yang positif dan membangun. Karena nantinya akan berguna bagi anak cucu kamu!

8 comments:

  1. Hmm, dulu pas jaman SMP-SMA, pas hari Sumpah Pemuda selalu ikutan lomba bikin mading sekolah, seru banget! :D
    Tapi saya jarang sih ikutan komunitas gitu, paling cuma Warung Blogger doang. :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. warung blogger memang komunitasnya se Indonesia. :)

      Delete
  2. Dapat disimpulkan pada tulisan ini bahwa Bena A-nya 3 adalah perempuan yang aktif dan senang berkomunitas. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh baca komentar ini jadi ngedadak pengen menyisipkan link blog udafanz yang fenomenal itu.

      Delete
    2. AGIAAAAAA! Jangan :(
      JANGAN YA ALLAH

      Delete
  3. Entahlah. Bagi saya, Hari Sumpah Pemuda ini hanyalah nama.

    Bukannya apa-apa, saya hanya tidak berani merayakan sumpah yang sakral ini. Alasannya jelas: Sumpah sendiri pun tidak bisa saya jaga. Apalagi sumpah orang lain.

    MASYA ALLAH INI BENERAN GAK TAHAN PENGEN NYANTUMIN LINK UDAFANZ DI SINI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAKAKAKAKAKKAKAKAKKAKKAKAAKAKKAKA.
      AKU BACA INI CUMA KETAWA2 JADINYA. AGIA KAMPRET EMANG.

      Delete
  4. Mbak motonya sampean keren banget, Eat Sleep Travelling :D pengen dong ikutan kalo gitu

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com