Monday 23 January 2017

Icip-icip Kuliner di Brebes

Tentunya kamu sudah tau kalau setiap daerah masing-masing punya makanan khas tersendiri atau malah makanan yang hanya bisa di makan saat berada di sana. Seperti, Coto Makasar, Soto Sukoharjo dan lainnya yang familiar. Brebes juga punya kuliner yang wajib kamu cobain. Meskipun sudah sangat familiar, nggak ada salahnya juga kamu cobain dan rasain sendiri masakan dari tangan terampil ibu-ibu Brebes. Cita rasanya sungguh berbeda.

1.    Warung Makan Ibu Sri


kuliner brebes

Kalau kamu sudah baca postingan sebelumnya mengenai 8 hal yang bisa kamu lakukan di Brebes maka poin pertama kamu sudah ingat langsung.

Warung makan ini tepat di Jalan Slatri, saat kamu naik kendaraan pribadi, nggak ada salahnya untuk cobain langsung empuknya sate kambing muda yang ditawarkan dengan bumbu kacang yang sudah pedas ataupun dengan sambal kecap. Rasa pedas dari kedua bumbu tersebut sulit sekali diungkapan dengan kata-kata. Karenanya, kamu wajib banget cobain.

Cemilan pertama yang ditawarkan oleh warung makan Ibu Sri adalah temped dan tahu goreng. Saya suka sekali kedua makanan ini, namun saat saya melihat langsung lebih tergoda dengan tempe gorengnya. Dan benar saja, tempe gorengnya begitu empuk, bumbu garam dan campuran bawang putihnya terasa sampe dalam.

kuliner brebes

Namanya memang warung makan, tapi nggak warteg, melainkan sate kambing, sop kambing, sate ayam. Kalau di Jakarta namanya “warung sate kambing”, “sate kambing ibu abc”, dan lainnya. Jadi, sate kambing dengan bumbu sambal kecap menjadi pilihan saya saat memesan. Memang tidak ditawarkan, tapi saya yang meminta. Saya terbiasa makan sate kambing dengan bumbu sambal kecap, jadi rasanya agak aneh untuk lidah say ajika menggunakan bumbu kacang. Nggak perlu menunggu lama, 5 tusuk sate kambing muda sudah tersedia di meja. Belum juga sate kambing disentuh, sudah datang lagi sop kambing. Sop kambing dengan tulang-tulang dan daging yang menempel menjadi pelengkap makan siang saya saat itu.

kuliner brebes

kuliner brebes

Perpaduan sate kambing dengan sop kambingnya begitu menempel di lidah saya, sehingga tak cukup hanya dengan 5 tusuk. Alhasil, saya makan lebih dari 15 tusuk. Hehe hehe. Setelah itu, libido naik, tembok hotel bolong. Darah tinggi juga naik, kasih sayang nggak naik-naik.

2.    Telur Asin Brebes, HTM
Saya baru tahu, kalau ada yang tidak suka dengan telur bebek. Hm, padahal enak ya. Sebenarnya ini bisa saja diicip tapi sesudahnya dibeli. Telur asin Brebes banyak dijadikan buah tangan. Nggak ada salahnya juga kamu beli untuk orang tersayang yang berada di rumah. Contohnya, saya. Saya membeli 20 butir telur asin di toko HTM yang berada di Jalan Raya Pantura dan sering sekali dilalui oleh kendaraan besar maupun kecil yang hendak ke Jawa Tengah ataupun Jawa Timur

kuliner brebes

Dengan harga Rp 4ribu/butir kamu sudah bisa membawa pulang. Kalau penasaran dengan rasanya kamu juga bisa tester dulu untuk keunikan rasanya.

Toko HTM ini selain menjual telur asin, juga menjual aneka buah tangan asli Brebes. Di belakang toko ini terdapat Gudang eh pabrik eh pokoknya bikin telur asin. Jadi, selesai dibuat langsung dijual. Langsung dari pembuatnya.

3.    Warung Makan Cemara Bondan


kuliner brebes

Hmm, untuk warung makan ini kamu terlebih dahulu pergi ke Desa Pandasari, yakni tempat Mangrove Kaliwangi berada.

Setelah capek-capek berkeliling mangrove, kamu bisa langsung menikmati kuliner ikan bakar dan saus tiram, udang dan aneka seafood lainnya juga. Saat saya makan di sini, mereka menghidangkan urap gulma. Gulma adalah (sebentar saya baca dulu di Wikipedia, ternyata ada 4 jenis gulma, jadi gulma mana yang boleh dikonsumsi?) Jadi, gulma yang saya konsumsi saat itu adalah gulma rerumputan jenisnya gulma air. Karena gulma air terbagi menjadi 3 yakni, terapung, tenggelam di dalam air, dan yang timbul di permukaan air tapi tumbuh dari dasar. Yang saya konsumsi saat itu adalah gulma air yang terapung. Katanya mengganggu untuk mangrove, tapi aman untuk dikonsumsi.

kuliner brebes

Selain gulma, ada lagi yang membuat tertarik, yakni teh jeruk purut. Nggak horror kok. Bahkan si ibu yang membuat ini kasih tau cara membuatnya. Teh tubruk di masak bersamaan beberapa lembar daun jeruk perut. Dan hasilnya? Menyajikan cita rasa yang daebak.

4. Bebek Blengong


kuliner brebes

Ini sih nggak ada nama warungnya waktu saya makan di tempat ini. Tapi, warung makan bebek ini paling terkenal di daerah Ketanggungan. Mungkin ada yang nggak suka bebek? Tenang, ibu ini juga jualan ayam goreng, sup ayam.

Saat itu, saya lebih memesan sup ayam karena perjalanan lika liku setelah dari Gunung Lio membuat isi perut seperti adonan kue.


kuliner brebes

Sup ayamnya sangat amat saya rekomendasikan! Benar-benar ayam yang besar isinya dan full dengan ayam serta beberapa potongan wortel dan kentang.

Jadi, kalau ke Brebes jangan lupa untuk icip-icip kuliner yang berada di Brebes. Food addict wajib banget cobain gulma dan teh jeruk purut :)
Sampai ketemu lagi di kota berikutnya!

Planet Namec,
18 Januari 2017
Kesayangan Kamu.

25 comments:

  1. Kali di zoom tampak lebih lejat. Kepiting ga kefoto Ben ?

    ReplyDelete
  2. Benaaaah gue penasaran sama sate blengong. Kita kmrn ga diajak icip2 satenya. Katanye justru si sate belengong ini enyaaak bgt.

    ReplyDelete
  3. Btw, cara bikin teh jeruk purutnya kayaknya simpel, rasanya 11/12 sama lemon tea nggak sih? Penasaran sama rasanya yang "daebak" �� tar coba bikin, ah..

    ReplyDelete
  4. Kenapa enggak digoreng kol nya? kan lagi kekinian tuh kol goreng.

    ReplyDelete
  5. Ini kali pertama berkunjung ke blognya mba bena,, tiap awal berkunjung ke sebuah blog.. yang saya perhatikan itu logo blog...

    Itu kenapa daleman bisa diluar koper hahaha....

    Kalo bicara makanan di brebes mah udah dicoba semua hahaha *Sombong*

    Dari yang telor asin versi manual sampe versi pembakaran otomatis,,, dari soto sampe sate...

    ReplyDelete
  6. Asli bikin laper saja. Apalagi sop kambing dan bebek blengong nya. Yummy...
    Btw, kuliner di Madura juga enak-enak lho..
    yuk mampir ke Madura.

    ReplyDelete
  7. Wah, lanjutan yg kemarin, ya, Ben..
    Teh jeruk purut, kayaknya sweger neh.. hehe.. *terinspirasi mode: On*

    ReplyDelete
  8. Pulang dari Brebes kolesterol ane bisa naik nih ben? Hahaha...

    ReplyDelete
  9. "Setelah itu, libido naik, tembok hotel bolong. Darah tinggi juga naik, kasih sayang nggak naik-naik" tolong jelaskan apa penyebab tembok bolong kak ben? Setelah 15 tusuk kan ya?

    ReplyDelete
  10. malam2 buka tulisan mbak jadi laper deh, jadi kangen ingin makan sate ma lalapan, enak mbak. foto2nya juga bagus

    ReplyDelete
  11. Ko kuliner goreng bawangnya ga ada sih Ben? Kan itu bumbu utama (kasih sayang) btw kulinernya ga ada yang agak unukan gituu.. menu makanan diatas rasanya hampir dipenjuru tanah jawa ada deh..

    #blumpernahkebrebes #ngarepdiajainkulineransambiltraveling #sekian

    ReplyDelete
  12. Aku rasanya pengen ke Brebes sekarang juga deh, Ben. Pengen kabur. Itu sate manggil-manggil aku.

    ReplyDelete
  13. Telur asinnya Brebes itu juarak!!

    ReplyDelete
  14. Kalo cuma tempe goreng yang kayak gitu, Bena mampir ke warung mbak Cindra deh. Hihihi.. Nanti aku gorengin tempe bantal bawang putih.

    ReplyDelete
  15. Eh telur asin bakar itu enak lho, temen ku suka bawain trus dalam nya berminyak2 gitu

    ReplyDelete
  16. Teh jeruk purut, kayanya sedap sedap segar :D

    ReplyDelete
  17. Gulma dijadiin urap? Baru tahu saya. Kalau di Kalimantan mungkin sejenis daun tumbuhan paku kelakai, ya.

    ReplyDelete
  18. Siaap, Ben...
    Tapi aku maunya makan sama kamu.
    Gimana doonk...??

    (jangan minta dibayarin aja yaa...^^)

    ReplyDelete
  19. Bebek blengong! Paling aku tau itu soalnya pernah diceritain. Iya, diceritain doang. :(

    Oh iya, telur asin sama bawang merah tuh khas banget dari Brebes. Kalo tetangga abis mudik pasti dikasih. :D

    ReplyDelete
  20. Gue nggak bisa makan kambing banyak-banyak anaknya. Huwaaaa. :(

    Seriusan gulma bisa dimakan? Anjir. Baru tau sumpah. Gulma air yang ngapung, ya. Oke. Woaaah, bebek itu harus dicatat! Semoga suatu saat bisa kulineran di Brebes. :D

    ReplyDelete
  21. wah. brebes yg kutau hanya telur asin e. ternyata kulinernya beragam ya.
    semoga bisa nyobain semuanya

    salam kenal nggih Mba

    ReplyDelete
  22. itu gulma gimana bentuknya ya.. semacam tutut kah. hehe

    saya tanya mbah dulu deh.
    btw coba ke tasikmalaya mba,banyak kuliner recomended juga disini. hehe

    ReplyDelete
  23. uh liat gambarnya aja udah mupeng saya mbak

    ReplyDelete
  24. Komentarnya pada ilang yah mba ben

    ReplyDelete
  25. Sate blengong sama tupat blabed mana???

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com