Thursday, 18 May 2017

Ikutan Workshop Serius Bareng Citibank

Kemarin saya ikutan workshop bareng Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia yang mendorong petani dan pengusaha mikro kecil untuk meningkatkan literasi keuangan melalui program FEED Mobile.


Menurut saya, workshop ini menarik karena kedua perusahaan tersebut (Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia) peduli terhadap petani-petani dan pengusaha-pengusaha kecil. Secara tidak langsung mereka peduli terhadap kondisi tersebut. Oleh karena itu, melalui campaignnya dengan Citi Peka (Peduli dan berKarya) Citi Indonesia berhasil memulai untuk memberikan pendidikan keuangan dan mengembangkan potensi pengusaha mikro kecil di Kabupaten Indramayu. Tentunya keduanya perusahaan ini mempunyai alasan mengapa Indramayu yang dipilih pertama kali. Indramayu sendiri merupakan salah satu kabupaten terbesar di Jawa Barat, belum lagi pengusaha mikro kecil yang menyebar luas di sekitar kecamatan. Melalui pertimbangan-pertimbangan tersebutlah Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia memutuskannya.

Selain itu, pelatihan pendidikan keuangan dan pengembangan usaha yang dilakukan untuk petani serta para pengusaha mikro kecil menggunakan jenis metode tatap muka dan kanal digital. Metode ini sangat menarik bagi saya, dengan metode tersebut membuat para petani dan pelaku usaha mikro dapat langsung berinteraksi sehingga dapat praktek langsung dan bertanya yang sekiranya mereka tidak paham.

FEED Mobile (Financial Education and Empowerment goes Digital Mobile) juga menggunakan 2 metode pelatihan, yakni pelatihan tatap muka dan penggunaan kanal digital sebagai alat pendukung mereka. Sedangkan aplikasi Peduli Keuangan (PEKA) via Android dan PEKA via SMS berguna sebagai sarana penyebaran informasi, saran, tips, artikel, pengelolaan keuangan dan pengembangan usaha serta sarana interaksi antar pengguna.

Ternyata FEED Mobile juga bekerjasama dengan beberapa lembaga keuangan mikro, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian (BKP3), Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, Perindustrian, Perdagangan (Diskoperindag), Dinas Kelautan dan Perikanan dan Lembaga Masyarakat bangkir pelabuhan yang berada di Kabupaten Indramayu.

Dalam workshop ini Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia juga memperlihatkan keberhasilan dan hasil evaluasi pada pelaksanaan program ini yang sudah berlangsung selama 3 tahun. Ditambah dengan kisah sukses dari petani dan pengusaha mikro yang sudah menerima manfaat dari program FEED Mobile ini.

Dengan pendanaan seperti ini dari Citi Foundation, telah berhasil menjangkau sekitar 12.900 penerima manfaat. Dan mereka penerima dana telah dilatih dalam pengembangan usaha dan literasi keuangan yang mana kurang lebih 34000 penerima manfaat sudah dapat mengakses tabungan dan produk keuangan dari lembaga keuangan yang formal sesuai dengan kebutuhan mereka.


By the way, saya baru mendengar tentang Mercy Corps Indonesia. Ternyata Mercy Corps Indonesia adalah organisasi local, yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Indonesia guna membangun komunitas yang sehat, produktif, dan tangguh. Lalu lintas dari aktivitas yang di lakukan Merci Coprs Indonesia lebih menekankan kemitraan strategis dengan pemerintah dan perusahaan dalam semua programnya dan bekerja dekat dengan komunitas supaya benar-benar memahami tantangan yang sedang mereka hadapi untuk berkerjasama dalam mendapatkan solusi. Mercy Corps Indonesia sendiri mempunyai 5 fokus;
1.    Meningkatkan kesempatan ekonomi dan akses jasa keuangan,
2.    Meningkatkan kesehatan dan gizi,
3.    Air dan sanitasi,
4.    Adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana,
5.    Tanggap daurat bencana.

Sekian kelas workshop yang saya lakukan. Agak serius ya postingan ini. Hehehe. Enggak apa-apa sekali-kali serius biar cepet dihalalin sama kamu. Bukan gitu deng maksudnya, tujuannya biar pembaca setia di benbernavita.com juga bisa mengetahui bahwa saya serius. Apalagi kalau sayang sama kamu. Makin serius deh :3

Planet Namec,
18 Mei 2017
Kesayangan kamu.


Psst, terima kasih Aris untuk foto-foto indahnya.

3 comments:

  1. Terus bikin yang ngikutin workshop-nya jadi lebih peduli dengan keadaan sekitar dan hal-hal yang sering terlupa. Hehe. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yog iya :( sedih ya yog. apasi ben.

      Delete
  2. seru acaranya, senang bisa ikut karena dapat modul untuk dibaca

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com