Friday, 26 May 2017

Kesan Pertama ke Pohuwato

Berkunjung ke Pulau Sulawesi bukan hal yang pertama untuk saya, hanya saja berkunjung ke kabupaten Pohuwato merupakan hal pertama yang saya lakukan. Pohuwato, banyak pertanyaan dalam pikiran saya tapi tak saya indahkan. Saya lebih suka terkejut ketika datang ke suatu daerah ketimbang mencari tahu terlebih dahulu tentang apa dan bagaimana di daerah tersebut.

Perjalanan udara 3,5 jam yang dilakukan dini hari kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat 3,5 jam membuat mata saya ingin terus terpejam dan menikmati setiap lika liku jalanan aspal yang terlihat menguap. Sesekali membuka mata melihat sekitar yang penuh kehijauan. Bukit yang berundak-undak membuat saya ingin berteriak, apa daya mata lebih memilih untuk terlelap.

Pohuwato mempunyai Marisa sebagai ibukotanya, memiliki struktur kota yang bagus dan modern seperti Jakarta.  Ketika berada di Pantai Pohon Cinta kamu akan disuguhkan hamparan laut yang luas terbentang di depan mata. Pulau Lahe terlihat dari titik sekitar pantai ketika kamu berdiri. Trademark bertuliskan Marisa City menjadi daya tarik wisatawan yang hadir sekedar berpose. Tidak lupa patung burung maleo beserta telur kuning dalam sangkar yang juga menjadi pertanyaan bagi setiap wisatawan yang hadir.

marisa

Pada malam hari, Pohuwato terlihat sepi, hanya ramai dibeberapa bagian saja. Hiburan malam warga Pohuwato adalah karoke, makan durian mungil di sekitar perempatan masjid, kemudian nongkrong produktif di kedai-kedai kopi.

Hotel grade kecil hingga atas selalu penuh setiap malamnya. Belum lagi ketika Pohuwato mengadakan parade. Semua warga Pohuwato terlihat kompak, ini terbukti dari berbagai inisiatif dan ide yang terbentuk oleh para pemuda-pemuda.

randangan

Selain Marisa, Pohuwato mempunyai kecamatan-kecamatan lain yang juga tidak kalah menarik. Seperti Randangan yang mempunyai bendungan terbesar di Indonesia timur, pohon kelapa yang menjulang tinggi, Desa Banuroja yang memiliki keanekaragaman suku dan agama . Lalu Popayato yang mempunyai Desa Torosiaje dengan Kampung suku Bajo. Desa Yipilo di kecamatan Wanggasari sebagai tempat penambakan ikan bandeng. Di kecamatan Paguat saya bisa melihat nelayan yang sigap menggendong ikan ber kilo-kilo untuk di lelang.

randangan
Bendungan Terbesar di Indonesia Timur - Randangan

Yipilo
Penambakkan Ikan - Desa Yipilo

Torosiaje
Kampung Suku Bajo - Desa Torosiaje

Paguat
Pelelangan Ikan - Paguat

Lelah berkeliling semua kecamatan di Pohuwato, saya kembali ke penginapan dan melanjutkan packing, kemudian menyusur jalanan lika liku Kabupaten Pohuwato menuju Kabupaten Gorontalo dini hari 3,5 jam lagi dan siap mengudara 3,5 jam menuju Jakarta.

Terima kasih Pohuwato, terima kasih atas ketakjuban setiap hal yang saya lihat. Tetaplah terlihat menakjubkan sehingga kami para pejalan dengan senantiasa akan berkunjung ke tempatmu.

bupati pohuwato

Planet Namec,
16 Mei 2017
Kesayangan Kamu.

**

Postingan ini dalam rangka memajukan Pohuwato menuju Digital bersama dengan Pemerintah Daerah Pohuwato, Gorontalo dalam hashtag #PohuwatoGoesDigital

14 comments:

  1. Pemandangan pedesaannya keren.

    ReplyDelete
  2. cakep, semoga saya bisa ke sana, someday. Btw, outfit ka bena cantik banget

    ReplyDelete
  3. nama ibukota daerahnya cakep ih, marisa hehe
    berapa hari di pohuwato kak ben?

    ReplyDelete
  4. Selalu seru jalan2 ke tempat baru yang ga mainstream ya Ben

    ReplyDelete
  5. walahhh tak pikir Pohuwato yang ada di gorontalo, sama persis namanya. Kalau Pantai pohon cinta itu disana gak ya, udah kesana belum? Kalo ga salah di Pohuwato juga deh

    ReplyDelete
  6. aku salfok sama foto mu yang foto bareng... cantikk.. pasti berkat purbasari lulur yaa :D

    ReplyDelete
  7. Wah tadi sempat aku kira si eyang Marissa Haque punya kota di sini :P

    ReplyDelete
  8. Wew perjalanan 3,5 jam lumayan juga ya Mbak. Ah tapi kebayar lunas kan Mbak dengan pemandangan dan warga lokalnya. Wah ada tempat pelelangan ikan juga ya..

    ReplyDelete
  9. kabupaten pohuwato di provinsi mana yah mbak, saya gak asing deh dengan namanya. landmark marisa city keren tuh, pantai disana apa mirip dengan pantai losari yah yang pinggiran pantainya banyak jajanan lokal.

    ReplyDelete
  10. Yes, informasi menarik.. memang, perlu kita memberikan info2 dari beragam kabupaten, desa di nusantara. Pohuwato ya namanya.. kalau ga baca, mungkin orang ingetnya daerah kepulauan pasifik yak hehe.. Moana-moana gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha. iya ya. moana moana gitu ya.

      Delete
  11. Saya udah pernah ke sana.
    Tapi kayaknya sekarang udh beda banget ya.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com