Monday, 15 May 2017

Warong Inspirasi : Nasi Goreng Sagela dan Pisang Goroho

Saya kira di Pohuwato enggak ada tempat nongkrong seperti kedai kopi atau tempat hits lainnya seperti halnya Jakarta. Ternyata praduga saya salah. Pohuwato, salah satu kabupaten yang berada di Gorontalo ini merupakan salah satu kabupaten terluas di Gorontalo, sekitar 4000 km, yang berisi pemuda pemudi harapan bangsa, termasuk harapan Pohuwato sendiri.

warong inspirasi

Bahas Pohuwato – Gorontalo belum lengkap kalau belum bahas kuliner. Warong Inspirasi, namanya. Sesuai dengan nama semoga terinspirasi untuk para pembelinya. Pertama kali masuk ke Warong Inspirasi, saya sebenarnya agak terkesima.
“Ini gue lagi di Pohuwato apa di Jakarta, sih?”
karena dari segi ornament yang dimiliki oleh Warong Inspirasi ini berbeda sekali. Seperti kedai-kedai hits di Jakarta. Akses Wi-Fi, music, jenis makanan dan lainnya.

Tersedia berbagai macam makanan mulai dari makanan khas Gorontalo hingga western. Beragam menu makanannya,  namun yang wajib kamu coba adalah…

Katanya belum afdol ke Gorontalo kalau belum mencicipi nasi goreng sagela. Di Pohuwato, nasi goreng sagela bisa kamu nikmati di tempat lain, tapi nasi goreng sagela dari Warong Inspirasi ini beda. Saat disajikan pertama kali kamu akan diberikan acar timun dan wortel, kemudian piring yang berisi nasi goreng sagela ikan roa. Oh iya, ikan roa ini sejenis ikan asap. Karena di daerah  Gorontalo terutama Pohuwato komoditas utamanya adalah ikan, maka mereka inisiatif untuk membuat aneka ikan supaya enggak bosan ketika menikmatinya. Nasi goreng sagela dengan telur dadar dan kerupuk terasa lebih nikmat. Belum lagi rasa pedasnya yang siap-siap ngebakar mulut kamu.

nasi goreng sagela

Saya sendiri enggak memesan nasi goreng, karena lebih tergiur indomie rebus (ini karena sewaktu di Bandara tercium aroma indomie dan 3,5 jam di pesawat tercium aroma pop mie.) Cuma, karena Haqi enggak mampu menghabiskan nasi goreng tersebut, jadinya dibagi dua dengan saya, belum lagi punya Dian, dia juga enggak menghabiskan nasi goreng sagela karena terlalu pedas. Piring nasi goreng sagela kepunyaan Ka Vika juga enggak habis. Yha.


pisang goroho

Selain nasi goreng sagela, kamu juga wajib nyobain Goroho Stick Ori yang tersedia di Warong Insipirasi ini. Goroho ternyata sejenis pisang. Katanya, pisang Goroho memang cocok dimakan seperti itu (pisang yang belum masak, kemudian dikupas dan digoreng, sehingga crunchy) kemudian dimakan bersamaan dengan sambal. Ya Allah, ngetik beginian jadi ngiler. Ampun!

roti bakar coklat

Satu lagi, roti bakar. Kamu juga harus cobain roti bakar dari Warong Inspirasi. Mereka membuat roti bakarnya enak banget. Taburan keju dan coklatnya begitu penuh dan terasa. Kali kedua saya ke sana, saya memesan roti bakar coklat tanpa susu. Hehehe.

Warong inspirasi katanya ramai banget kalo setiap weekend, weekday juga ramai, tapi untuk urusan bisnis atau sekedar guyon setelah capek bekerja seharian. Sedangkan weekend ramai dengan sepasang kekasih.

warong inspirasi

warong inspirasi

warong inspirasi

Tempat makan seperti Warong Insipirasi sudah cukup banyak di daerah Pohuwato, dikarenakan anak muda di Pohuwato sangat open minded dan selalu mempunyai ide-ide yang bagus. Makanya mereka seperti berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk daerahnya.

Kalau kamu lagi berkunjung ke Gorontalo, jangan lupa mampir ke Kabupaten Pohuwato dan berkuliner di Warong Inspirasi. Mapsnya tertera di bawah seperti biasa, karena kalau di atas, kamunya berat.



Planet Namec,
13 Mei 2017
Kesayangan Kamu.

Psssttt, terima kasih Mas Adhe untuk foto nasi goreng sagela :) 

**
Kuliner ini disponsori penuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. dalam rangka memajukan Pohuwato menuju digital dengan hashtag #PohuwatoGoesDigital

8 comments:

  1. Yah, sampai gorontalo mesen-nya tetep indomie rebus wkwk. Gapapa ding, karena indomi itu makanan terlejat sejagad indonesia...

    Pisang goroho siapanya boboho?
    *Oke ini mlenceng jauh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisang goroho temennya nobita.

      abis indomie nyebelin banget sih. siapa suruh dia bikin mecin sampe segitunya. huh.

      Delete
  2. Oh pisang goroho.. I am crazy about you!

    ReplyDelete
  3. buset abis beli nasi goreng balik ke planet namec lol

    ReplyDelete
  4. Enak ya Nasi Goreng Sagela itu . Gak nyangka. Tapi Warung ini emang asyik buat ngobrol2 nyari inspirasi. Sesuai banget sama namanya

    ReplyDelete
  5. Laper bacanya, apalagi pas liat ekspresi kak Tracy...makin lavarrrrr...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :) JANGAN PAKAI AKTIF LINK YA!
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com