Sunday, 11 September 2016

Vitamin Sea di Pantai Wediombo

wediombo
Pantai Wediombo memang benar-benar vitamin sea
Konon katanya, vitamin sea adalah obat paling mujarab untuk melepas penat. Bagaimana tidak? Hamparan pasir putih dan angin semilir yang berhembus memaksa kita untuk melupakan deadline dari kantor.

Toh, siapa sih yang tidak menyukai pantai? Debur ombak, semilir angin dan yang paling parah, panorama matahari terbenam (sunset) dan matahari terbit (sunrise). Apalagi, laut yang terbentang berwarna biru seperti Pantai Wediombo. Ya, pantai yang terletak di jajaran pantai selatan Gunung Kidul memang menjadi obat paling mujarab untuk mereka yang kekurangan vitamin sea.

Akses jalan ke pantai yang terletak di Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini cukup mudah. Saya pergi ke pantai ini di akhir tahun 2015 melalui jalur yang menyusuri deretan pantai selatan Gunung Kidul seperti pantai Drini, pantai Krakal dan Pantai Indrayanti.


wediombo
Akses masuk pantai yang sudah dibangun dengan cukup baik
Fasilitas di pantai ini pun terbilang cukup lengkap seperti mushola, kios pedagang makanan dan kamar mandi. Ya, seperti pantai pada umumnya.

Perjalanan menuju pantai terdekat juga lebih mudah, seperti pantai Sedahan, pantai Jungwok atau pantai Greweng. Sayangnya, untuk menuju tiga pantai tersebut, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 30 menit karena akses jalan menuju lokasi pantai tersebut belum memadai.

Landscape Photography
Saya rasa, pantai Wediombo adalah surga bagi para pencinta fotografi. Bagaimana tidak? Banyak sekali spot foto menarik di pantai ini. Bahkan, pohon-pohon yang tumbang seolah memberikan drama tersendiri untuk diabadikan melalui lensa kamera.


wediombo
Pohon-pohon tumbang yang memberikan drama tersendiri
Tepian karang yang langsung menghadap ke laut yang berwarna biru seolah-olah memaksa diri untuk berlama-lama di sana. Memandang jauh ke laut biru akan lebih baik daripada menyesali masa lalu bersamamu #eaaaa #baper

wediombo
Bro tungguin saya bro! Tungguin!
Pantai Wediombo menyajikan panorama hamparan pasir seperti namanya. Wedi dalam bahasa jawa artinya pasir dan ombo yang berarti luas. Selain pasir, hamparan bebatuan pun terbentang melengkapi sajian pantai yang memukau.

Spot Memancing
Salah satu hal yang cukup menarik perhatian saya adalah spot pancing yang cukup ekstrim. Letaknya yang berada di antara tebing-tebing karang, langsung berhadapan dengan ombak akan menguji siapapun  yang mencoba memancing di pantai ini.


wediombo
Duh dek, berapa lama akang harus menunggu umpanmu dek?
Pun jika tidak cukup mahir dalam memprediksi datangnya ombak besar, para pemancing harus lari tunggang-langgang agar tidak dihempaskan ombak yang cukup besar. Seperti yang saya bilang tadi, tempatnya oke, spot pancingnya juga oke. Tetapi harus dibarengi oleh nyali yang juga oke punya. Hehe...
wediombo
Ombak gede bro! Awas bro! Minggir-minggir!
Enak di sini bro, mancingnya tenang. Sebats dulu lah!
Kalo kamu ingin sekali memancing di sini, saya sarankan untuk mencari spot memancing yang ‘aman’ saja. Ombaknya itu loh, enggak banget kalo sampai terseret.

wediombo
Di sini juga tenang bro, kalo difoto bisa wallpaper-able
Instagram-able
Rasanya, vitamin sea yang didapatkan kurang maknyus kalo tidak diunggah di media sosial. Ah, begitu juga dengan Pantai Wediombo, sangat Instagram-able. Warna biru, hamparan laut dan pasir pantai yang luas, semilir angin, pokoknya lebih dari apa yang diharapkan.


wediombo
Widiih! Biru bro!
wediombo
Neng, jangan mundur-mundur ya. Akang enggak bisa berenang T__T
wediombo

Deretan pantai selatan tidak akan selesai untuk dijelajahi. Mungkin saja akan ada banyak pantai yang lebih baik daripada Pantai Wediombo. Bagaimana? Tertarik untuk menemukan pantai menarik lainnya? Share ur tought on comment section below.

Artikel ini adalah guest post yang ditulis oleh Jung. Penikmat desain grafis, dangdut dan senyuman milikmu. Kamu dapat membaca blognya di jungjawa.com atau mengikutinya di Twitter @jungjawa

9 comments:

  1. hmm...blom pernah nyampe ke Gunung Kidul meski sangat sangat ingin. Tulisan Jung sangat enak dibaca, seenak makan sate padang di saat perut kelaparan. Baca tulisan ini sedikit mengobati kerinduan akan laut jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main dong sampe sana, Mbak :))

      sate padang paling enak dimana hayo tebak?

      Delete
  2. Wah tulisan dari tamu ini bagus. Foto-fotonya juga cantik. Kenalin dong, Ben.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmm, alibimu ham.
      sila berkunjung ke jungjawa.com jika berkenan...

      Delete
  3. Aku pernah ke beberapa deretan pantai di gunung kidul, cuma belum pernah kesini. Tempat nya bagus ya ternyata ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak helma ketemu lagi kita dimari yak. Ealah salah...mau komen soal postingannya Bernavita padahal. Ini pemandangannya tjakeeeppp banget. Biru lautnya keren...duh mupeng banget pengen ke sini deh jadinya

      Delete
  4. The view is so beautiful. And absolutely Instagram-able! :D
    Thank you for sharing this! :)

    Cheers,
    cnovreica.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Ah... aku sudah curiga kalau ini bukan tulisan Benaaa... ternyata benar...

    Pantai WediOmbo ini bagus sekali ya. Dan sangat tipikal pantai selatan yang ombaknya besar

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan kalau mau jadi kesayangan aku :)
Jika ingin kasih sayang berlebih bisa ke benbenavita @ gmail . com